Ibu Kota Baru Sumatera Utara Punya Jarak Cuma 169 km dari Medan, Ada yang Taku Ada di Mana? Usulan Baru?

Ibu Kota Baru Sumatera Utara Punya Jarak Cuma 169 km dari Medan, Ada yang Taku Ada di Mana? Usulan Baru?

Terdapat beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa tiga daerah tersebut diusulkan sebagai calon ibu kota baru Sumatera Utara.

Faktor pertama adalah akses transportasi darat dan udara yang lebih mudah ke daerah-daerah tersebut.

Selain itu, pada akhir tahun 2024, jalan tol yang menghubungkan Kota Tebing Tinggi dengan Parapat akan selesai dibangun.

Keberadaan Bandara Sibisa di Toba dan Bandara Silangit di Tapanuli Tengah juga akan menjadi penunjang bagi ibu kota baru Sumatera Utara.

Tiga daerah yang diusulkan sebagai ibu kota baru Sumatera Utara adalah kawasan Danau Toba, Tapanuli Tengah, dan Pulau Nias.




×

Baca juga: PROFIL Lengkap Putri Ariani, Peserta Audisi AGT 2023 Peraih Golden Buzzer Asal Indonesia Penuh Inspirasi

Baca juga: 3 Nama Daerah di Sulawesi Tenggara Ini Berasal dari Singkantan, Ingin Tau Lebih Dalam? Inilah Asal Nama Baubau dan Kendari!

Baca juga: Sinopsis Serial India Imlie Hari Ini Kamis 8 Juni 2023: Detik-Detik Imlie Bongkar Kebusukan Jyoti, Aryan Benci Setengah Mati

Namun, di antara ketiga daerah tersebut, kawasan Danau Toba dianggap paling cocok menjadi ibu kota baru Sumatera Utara.

Kawasan Danau Toba terdiri dari tujuh kabupaten, yaitu Kabupaten Toba, Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Karo, dan Dairi.

Salah satu pejabat yang pernah mengusulkan kawasan Danau Toba sebagai ibu kota baru Sumatera Utara adalah Sutrisno Pangaribuan, mantan anggota DPRD Sumut dari Fraksi PDIP.

Ia berpendapat bahwa jika ibu kota negara dapat dipindahkan, maka pemindahan ibu kota provinsi juga memungkinkan dilakukan.

Sutrisno menambahkan bahwa pemindahan ibu kota Sumatera Utara ini juga sejalan dengan rencana perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sedang dibahas oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Baca juga: Kota Bontang Punya Mall? Simak Mall Kesayangan Warga Bontang: Baru Buka Ternyata Ini yang Buat Terkenal

Gubernur Edi Rahmayadi menyatakan bahwa perampingan OPD tersebut dapat menghemat dana sebesar Rp800 miliar.

Sutrisno berpendapat bahwa dana tersebut dapat digunakan secara bertahap untuk memindahkan ibu kota provinsi Sumatera Utara.

Namun, hingga saat ini, belum ada pembahasan resmi lebih lanjut dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengenai hal tersebut.

Proses pemindahan ibu kota sendiri akan melibatkan tahapan yang panjang dan memerlukan persetujuan dari pemerintah pusat.

Demikianlah daerah-daerah yang diusulkan sebagai ibu kota baru Provinsi Sumatera Utara.***

 

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya