UPDATE! Kunci Jawaban Pelatihan Pembelajaran Inklusif Madrasah Modul 4.5 Konsep Dasar Pendidikan lnklusif Bagian-2 Pintar Kemenag

UPDATE! Kunci Jawaban Pelatihan Pembelajaran Inklusif Madrasah Modul 4.5 Konsep Dasar Pendidikan lnklusif Bagian-2 Pintar Kemenag

PINTAR--

Pelatihan Pembelajaran Inklusif pada Madrasah: Modul 4.5 Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Bagian-2.

Pintar Kemenag kembali menggelar Pelatihan Pembelajaran Inklusif pada Madrasah angkatan I, yang akan berlangsung pada 5 hingga 10 Desember 2024. Salah satu materi yang akan dipelajari peserta adalah Modul 4.5: Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Bagian-2.


Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pendidikan inklusif, khususnya penerapannya di madrasah. Modul ini berfokus pada konsep-konsep dasar yang menjadi landasan dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif di lingkungan madrasah.

Baca juga: SIMAK! Kunci Jawaban Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Modul 2 1, 2 2, 2 3, 2 4, 2 5, 2 6, 2 7, 2 8 Pintar Kemenag

Baca juga: LIN Nonton Zona Merah Episode 7 8 Kapan Tayang? Cek Jadwalnya dan Sinopsis Bocoran Cerita



Baca juga: Cara Mudah Edit Foto Pakai Jas Online Tanpa Aplikasi, Praktis dan Mudah

Pentingnya Pendidikan Inklusif di Madrasah

Pendidikan inklusif bertujuan untuk memastikan bahwa setiap anak, tanpa terkecuali, mendapatkan kesempatan yang setara untuk memperoleh pendidikan berkualitas. Di madrasah, hal ini mengarah pada pengajaran yang dapat menjangkau semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para pendidik mengenai bagaimana merancang dan mengelola pembelajaran yang dapat diterima oleh seluruh siswa, termasuk siswa dengan berbagai latar belakang dan kemampuan.

Jadwal Pelatihan dan Panduan Pengisian Modul

Peserta pelatihan dapat mengakses modul dan materi yang tersedia di platform Pintar Kemenag. Untuk mengerjakan soal-soal dalam pelatihan, disarankan untuk lebih teliti, mengingat soal-soal disusun secara acak. Selain itu, meskipun kunci jawaban untuk modul ini tersedia, yang lebih penting adalah memahami konsep yang disampaikan untuk dapat menerapkannya secara praktis di madrasah.

Pelatihan ini tidak hanya bermanfaat bagi pengembangan pribadi pendidik, tetapi juga memberikan dampak positif pada kualitas pembelajaran di madrasah dengan menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan mendukung bagi semua peserta didik.

1. Tujuan pendidikan inklusif adalah .....

A memastikan bahwa semua peserta pendidik memiliki akses terhadap pendidikan yang terjangkau dan efektif.

B memastikan bahwa semua peserta pendidik memiliki akses terhadap pendidikan yang terjangkau, efektif, dan relevan.

C memastikan bahwa semua peserta pendidik memiliki akses terhadap pendidikan yang terjangkau.

D memastikan bahwa semua peserta pendidik memiliki akses terhadap pendidikan yang terjang sau, efektif, relevan, dan tepat dalam wilayah tempat tinggalnya.

Jawaban: D memastikan bahwa semua peserta pendidik memiliki akses terhadap pendidikan yang terjang sau, efektif, relevan, dan tepat dalam wilayah tempat tinggalnya.

2. Di bawah ini merupakan pernyataan yang tepat mengenai pendidikan inklusif, kecuali...

A strategi mencari cara dalam mengatasi hambatan karena gender, budaya, ekonomi, warna kulit dan/atau disabilitas agar semua peserta didik dapat berpartisipasi secara penuh dalam proses pendidikan tanpa diskriminasi.

B layanan pendidikan hanya untuk anak-anak penyandang disabilitas di madrasah terdekat

C sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus untuk mengikuti pendidikan pada madrasah secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya

D memberikan kesempatan pembelajaran yang bermakna kepada semua anak dalam sekolah regular

Jawaban: B layanan pendidikan hanya untuk anak-anak penyandang disabilitas di madrasah terdekat

3. Dampak dari keberagaman anak yang tidak dikelola dengan baik akan mengakibatkan...

A pengucilan, pelabelan atau perundungan (bullying) oleh sesama anak, bahkan penolakan untuk masuk ke madrasah

B terpengaruh oleh media sosial yang tidak sesuai dengan usianya.

C bermain dengan anak yang mempunyai latar belakang yang sama.

D terlambat dalam menerima pembelajaran

Jawaban: A pengucilan, pelabelan atau perundungan (bullying) oleh sesama anak, bahkan penolakan untuk masuk ke madrasah

4. Keberagaman identitas dan latar belakang anak yang menjadi fokus dalam memberikan layanan pendidikan inklusif meliputi ...

A gender, geografis, mata pencaharian orang tua, akses teknologi, suku bangsa, bahasa, agama, serta korban perang dan/atau bencana

B disabilitas, geografis, mata pencaharian orang tua, akses teknologi, suku bangsa, bahasa, agama, serta korban perang dan/atau bencana

C gender, disabilitas, geografis, mata pencaharian orang tua, akses teknologi, suku bangsa, bahasa, agama, serta korban perang dan/atau bencana

D gender, disabilitas, geografis, mata pencaharian orang tua, akses teknologi, suku bangsa, bahasa dan agama

Jawaban: C gender, disabilitas, geografis, mata pencaharian orang tua, akses teknologi, suku bangsa, bahasa, agama, serta korban perang dan/atau bencana

5. Di lembaga pendidikan keberagaman identitas dan latar belakang anak akan mempengaruhi ....

A perilaku, kemampuan dan kebutuhan mereka di dalam kelas

B permasalahan guru dalam kegiatan belajar mengajar

C capaian pembelajaran

D tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan

Jawaban: A perilaku, kemampuan dan kebutuhan mereka di dalam kelas

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya