SIMAK! Kunci Jawaban Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Modul 2 1, 2 2, 2 3, 2 4, 2 5, 2 6, 2 7, 2 8 Pintar Kemenag
Penelitian Tindakan Kelas--
1. Diketahui fakta dan data hasil observasi kolaborator dalam kelas PTK sebagai berikut:
Variabel yang akan ditingkatkan: kreatifitas siswa
Tindakan yang diterapkan : Model Pembelajaran Jigsaw
Catatan Kolaborator:
Diskusi kurang efektif karena jumlah anggota kelompok asal terlalu banyak (7-8 siswa)
Presentasi kelompok membosankan karena semua kelompok mempresentasikan hal yang sama
Aspek kreatifitas siswa belum terlihat
Berdasarkan data dan fakta tersebut di atas, jika guru ingin memperbaiki pembelajaran pada kelas PTK, maka yang dapat dilakukan adalah:
Jawaban : C. Mengurangi jumlah anggota kelompok dan cukup satu kelompok yang mempresentasikan hasil diskusi
2. Aspek yang tidak dipertimbangkan dalam perbaikan pembelajaran pada kelas PTK adalah … .
Jawaban : B. Masukan dari siswa
3. Tugas utama seorang kolaborator dalam PTK adalah …
Jawaban : B. Mengamati keseluruhan aspek dalam pembelajaran untuk dasar perbaikan pembelajaran berikutnya
4. Hal-hal yang dilakukan kolaborator saat refleksi adalah … .
Jawaban : D. Mengkritisi kelemahan guru dalam mengajar
5. Selain sebagai pengajar, guru juga memiliki peran sebagai peneliti dalam pembelajaran. Hal ini mengandung makna …
Jawaban : A. Guru harus mampu melakukan serangkaian prosedur ilmiah dalam proses evaluasi pembelajaran
Kunci Jawaban 2.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK
Berikut referensi jawaban modul 2.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK:
1. Pernyataan berikut ini yang merupakan pengertian teknik pengolahan data adalah …
Jawaban : B. suatu metode atau cara untuk konversi data menjadi bentuk yang dapat digunakan dan diinginkan
2. Dalam penyajian data bentuk tabel hasil Penelitian Tindakan Kelas, Perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut, kecuali:
Jawaban : D. Bentuk tabel, Catatan data, Isi tabel, catatan penelitian
3. Grafik yang dapat digunakan untuk mengadakan perbandingan beberapa variable dalam waktu dan tempat yang sama atau satu variable dalam waktu dan tempat yang berbeda dinamakan...
Jawaban : B. Grafik Batang
4. Teknis Analisis data kuantitatif dalam Penelitian Tindakan Kelas dapat dilakukan dengan menggunakan cara ...
Jawaban : A. modus, median, rerata, dan prosentase
5. Proses mengelompokan, melihat keterkaitan, membuat perbandingan, persamaan, perbedaan data dan membuat model data sehingga menemukan informasi yang bermanfaat yang dapat memberikan petunjuk untuk mengambil keputusan terhadap sebuah penelitian merupakan pengertian...
Jawaban : A. Analisis data hasil penelitian
Kunci Jawaban 2.8 Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Berikut referensi jawaban latihan soal pada modul 2.8 Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas pelatihan PTK Pintar Kemenag:
1. Dalam hasil penelitian dan pembahasan berkaitan dengan deskripsi persiklus terdiri dari....
Jawaban : A. Perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi
2. Laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas dapat disajikan dalam bentuk kecuali...
Jawaban : B. Majalah
3. Unsur metodologi penelitian dalam laporan hasil penelitian diantaranya adalah.....
Jawaban : B. Prosedur penelitian
4. Unsur pendahuluan dalam laporan hasil penelitian diantaranya adalah.....
Jawaban : A. Rumusan masalah
5. Unsur hasil penelitian dan pembahasan dalam laporan hasil penelitian diantaranya adalah.....
Jawaban : B. Deskripsi umum