Peran dan Tugas Sekretaris Kabinet yang Kini Dijabat oleh Mayor Teddy Indra Wijaya Ajudan Prabowo Subianto

Peran dan Tugas Sekretaris Kabinet yang Kini Dijabat oleh Mayor Teddy Indra Wijaya Ajudan Prabowo Subianto

Mayor teddy-Instagram-

Sekretariat Kabinet (Setkab) merupakan lembaga pemerintah yang memiliki peran penting dalam mendukung jalannya pemerintahan. Setkab berada di bawah tanggung jawab langsung Presiden dan Wakil Presiden, dengan tugas utama memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet. Lembaga ini tidak hanya mengoordinasikan lintas kementerian, tetapi juga memberikan rekomendasi dan pemikiran terkait usulan kebijakan yang diajukan kementerian atau lembaga negara kepada Presiden.

Dalam menjalankan fungsinya, Setkab bertanggung jawab atas pemantauan pelaksanaan kebijakan, koordinasi lintas kementerian, dan evaluasi pelaksanaan program pemerintah. Setkab juga bertugas memastikan bahwa seluruh kebijakan pemerintah berjalan sesuai koridor hukum, anggaran yang tersedia, dan visi misi Presiden. Dengan fungsi ini, Setkab menjadi garda terdepan dalam memastikan kelancaran pelaksanaan program-program pemerintahan.

Setkab dipimpin oleh seorang Sekretaris Kabinet, yang diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. Masa jabatan Sekretaris Kabinet mengikuti masa jabatan Presiden, yakni lima tahun, dengan kemungkinan diperpanjang jika Presiden memutuskan untuk melanjutkan masa kepemimpinannya di periode kedua. Dalam melaksanakan tugasnya, Sekretaris Kabinet didukung oleh Wakil Sekretaris Kabinet, sejumlah deputi, staf ahli, dan staf khusus, serta ASN yang bekerja di lingkup Sekretariat Kabinet.

Baca juga: Apakah Mayor Teddy Indra Wijaya Keluar dari TNI Usai Ditunjuk Prabowo jadi Sekertaris Kabinet? TNI AD buka Suara Tentang Status TNI Aktif

Profil Mayor Teddy Indra Wijaya




×

Teddy Indra Wijaya, yang kini menduduki jabatan Sekretaris Kabinet, sebelumnya dikenal publik sebagai ajudan Prabowo Subianto ketika Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan di era Presiden Joko Widodo. Perwira menengah TNI Angkatan Darat dari kesatuan Kopassus ini memiliki rekam jejak yang gemilang di militer. Teddy pernah menduduki posisi sebagai Komandan Peleton di Batalyon Kopassus dan Perwira Operasi Batalyon - 13 Kopassus, serta Komandan Tim 1 dan 2 di Batalyon Kopassus.

Pendidikan militernya pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Teddy merupakan lulusan Akademi Militer tahun 2011, dan pernah menempuh pendidikan di Amerika Serikat, termasuk di United States Army Infantry, United States Army Airborne School, serta United States Army Air Assault School. Keberhasilannya meniti karier di dunia militer menunjukkan kapabilitas dan kredibilitasnya sebagai seorang perwira.

Pada Februari 2024, Teddy mendapatkan promosi jabatan sebagai Wakil Komandan Batalyon Infanteri (Wadanyonif) Para Raider 328, melalui keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Namun, meski mendapatkan promosi, Teddy tetap melanjutkan tugasnya sebagai ajudan Prabowo hingga masa jabatan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan berakhir. Kariernya yang solid dan loyalitasnya kepada Prabowo membuatnya dipercaya untuk mengemban tugas baru sebagai Sekretaris Kabinet.

Baca juga: Apa Tugas Sekretaris Kabinet? Inilah Profil Mayor Teddy Indra Wijaya yang Gantikan Pramono Anung Sebagai Sekretaris di Kabinet Mera-Putri Prabowo dan Gibran

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya