Bagaimana Cara dan Niat Doa Mandi Gerhana Matahari Cincin 2 Oktober 2024? Intip Tata Cara Lengkap dengan Bacaan Arab Beserta Latin dan Terjemahannya

Bagaimana Cara dan Niat Doa Mandi Gerhana Matahari Cincin 2 Oktober 2024? Intip Tata Cara Lengkap dengan Bacaan Arab Beserta Latin dan Terjemahannya

masjid-bouassa/pixabay-

Gerhana Matahari Cincin dan Panduan Ibadah

Sayangnya, fenomena gerhana matahari cincin kali ini tidak dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia. Badan Riset dan Inovasi Nasional menyebutkan bahwa peristiwa ini hanya akan terlihat di sebagian wilayah Amerika dan Antartika. Namun, bagi umat Muslim, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan saat fenomena ini terjadi, meskipun tidak terhitung sebagai kewajiban.

Beberapa amalan yang dianjurkan antara lain adalah melaksanakan sholat gerhana, berzikir, bersedekah, dan memerdekakan budak. Melakukan sholat gerhana bisa mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta, sebagai tanda ketaatan kepada Allah SWT, dan meningkatkan kesadaran kita akan hari kiamat.

Selain itu, melaksanakan sholat gerhana juga memiliki potensi untuk menghapus dosa dan menjaga silaturahmi dengan sesama.

Niat Mandi untuk Sholat Gerhana




×

Sebagaimana ibadah lainnya, sholat gerhana juga memerlukan niat dan persiapan yang tepat, salah satunya adalah mandi. Berikut adalah doa niat mandi yang dapat dibaca sebelum menunaikan sholat gerhana:

Lafaz Arab: نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِصَلَاةِ الْكُسُوْفِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan Latin: Nawaitul ghusla lishalatil kusufi sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku niat mandi untuk gerhana matahari sunah karena Allah ta'ala."

Sholat gerhana ini disunnahkan bagi pria dan wanita, dan mereka boleh melaksanakannya sendiri jika merasa tidak nyaman dalam situasi tertentu, seperti saat terjadi gempa, angin kencang, atau petir yang menakutkan.

Baca juga: Bisa Dilihat di Mana Gerhana Matahari Cincin Api yang Jatuh pada 2 Oktober 2024? Benarkah Indonesia Tidak Termasuk?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya