Siapa Debi Pratama? Food Vlogger Asal Jogja yang Kini Viral Usai Diblacklist Para UMKM di Jawa Tengah

Siapa Debi Pratama? Food Vlogger Asal Jogja yang Kini Viral Usai Diblacklist Para UMKM di Jawa Tengah

tanda tanya-Tumisu/pixabay-

Salah satu aksi Debi yang paling heboh adalah ketika ia memberikan review negatif terhadap sebuah rumah makan sederhana di Jogja. Video reviewnya menyebar luas dan memancing beragam reaksi, baik dari warganet maupun dari kalangan pengusaha kuliner. Tidak sedikit yang merasa bahwa cara Debi dalam memberikan ulasan terlalu keras, hingga muncul seruan untuk memboikot dirinya. Bahkan, ada kabar bahwa Debi telah masuk dalam daftar hitam di kalangan pengusaha kuliner Jogja. Kabar ini pertama kali mencuat dari unggahan akun X (dulu dikenal sebagai Twitter) @txtdrkuliner pada 1 Oktober 2024.

Viralnya nama Debi Pratama tak lepas dari cerita seorang pengusaha kuliner Jogja, Dadad Sesa, yang mengungkapkan kekecewaannya terhadap ulasan buruk yang diberikan seorang foodvlogger. Meski saat itu Dadad tidak menyebutkan nama foodvlogger yang dimaksud, banyak yang menduga bahwa sosok tersebut adalah Debi Pratama. Lebih lanjut, Dadad mengungkapkan bahwa ulasan negatif tersebut berdampak sangat buruk bagi bisnisnya, bahkan salah satu cabang rumah makan miliknya harus ditutup.

Kontroversi ini semakin memanas setelah diketahui bahwa usaha Dadad Sesa juga ikut terkena imbas dari ulasan negatif Debi. Banyak yang mempertanyakan apakah kritik yang disampaikan Debi masih dalam batas wajar atau justru merugikan pihak yang diulas. Sementara itu, di tengah derasnya kritik terhadap Debi, banyak juga yang mendukungnya dengan alasan bahwa ulasan jujur adalah hak setiap konsumen.

Debi Pratama dikenal aktif membagikan konten review makanannya melalui akun Instagram @debiprt. Hingga beberapa waktu lalu, akun Instagram tersebut sudah memiliki lebih dari 20 ribu pengikut. Namun, ketika warganet mencoba menelusuri akun Instagramnya, mereka menemukan bahwa akun tersebut sudah tidak bisa ditemukan lagi. Diduga, akun Instagram Debi Pratama telah dihapus atau hilang dari platform tersebut.

Kehilangan akun ini menambah misteri di balik sosok Debi yang semakin dikenal luas di dunia maya. Banyak yang berspekulasi bahwa hilangnya akun tersebut mungkin berkaitan dengan tekanan yang dialaminya pasca viralnya berbagai ulasan negatif yang diberikannya. Namun, hingga saat ini, Debi belum memberikan pernyataan resmi terkait hilangnya akun Instagramnya.




×

Baca juga: Marissa Haque Sakit Apa? Inilah Biodata Istri Ikang Fawzi Yang Meninggal Dunia Mendadak, Benarkah Serangan Jantung?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya