Bagaimana Makna dan Sejarah PMI yang Jatuh di Tanggal 17 September 2024?

Bagaimana  Makna dan Sejarah PMI yang Jatuh di Tanggal 17 September 2024?

Pmi-Instagram-

Namun, apakah Anda tahu bagaimana sejarah berdirinya PMI di Indonesia dan tema yang diusung pada peringatan tahun 2023 ini? Mari kita telusuri lebih dalam!

Sejarah Berdirinya Palang Merah Indonesia
Sejarah PMI bermula jauh sebelum Indonesia merdeka. Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan RI, gagasan tentang pembentukan organisasi ini telah muncul sebelum Perang Dunia II. Pada masa kolonial Belanda, Palang Merah dikenal dengan nama Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie (Nerkai). Namun, ketika Jepang menguasai Indonesia, organisasi ini dibubarkan. Meski begitu, semangat untuk mendirikan Palang Merah Nasional tidak pernah padam.

Setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Presiden Soekarno segera memerintahkan pembentukan organisasi Palang Merah Nasional. Pada 3 September 1945, Dr. Buntaran, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia, membentuk sebuah panitia yang diketuai oleh Dr. R. Mochtar. Setelah serangkaian persiapan, akhirnya pada 17 September 1945, Palang Merah Indonesia resmi didirikan.

Sejak saat itu, PMI aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan, termasuk membantu korban revolusi kemerdekaan dan mengembalikan tawanan perang Jepang. PMI juga mendapatkan pengakuan internasional pada tahun 1950, setelah sebelumnya diresmikan secara nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) No.25 tahun 1959 dan diperkuat dengan Keppres No.246 tahun 1963.

Jean Henry Dunant: Bapak Palang Merah Sedunia
Tak bisa dipungkiri, gerakan Palang Merah di dunia terinspirasi oleh sosok Jean Henry Dunant, seorang dermawan asal Swiss. Lahir pada 8 Mei 1828 di Jenewa, Dunant memiliki kepedulian yang luar biasa terhadap kemanusiaan. Pada tahun 1863, bersama rekan-rekannya, Dunant mendirikan Komite Internasional Palang Merah atau International Committee of the Red Cross (ICRC), sebuah organisasi yang berkomitmen membantu tentara yang terluka di medan perang.




×

Atas dedikasinya, Henry Dunant menerima Nobel Perdamaian pertama pada tahun 1901. Semangatnya terus hidup hingga kini, dengan berdirinya setidaknya 176 Perhimpunan Nasional Palang Merah di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Tema dan Logo Hari Palang Merah Indonesia 2023
Setiap tahunnya, peringatan Hari Palang Merah Indonesia selalu diwarnai dengan tema dan logo yang khas. Pada tahun 2023, PMI merayakan ulang tahun yang ke-78 dengan tema "Menolong Sepenuh Hati". Tema ini mencerminkan semangat PMI dalam menjalankan tugas kemanusiaan, yang dilakukan dengan tulus, ikhlas, dan penuh dedikasi.

Baca juga: VIRAL! Link Video Shella Ananda Live TikTok Pakai Daster No Sensor di Videy Durasi Full 1 Menit, Awas UU ITE dan Polisi Cyber Mengancam!

TAG: #pmi
Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya