Sejarah dan Makna Hari Palang Merah Indonesia yang Jatuh pada 17 September 2024

Sejarah dan Makna Hari Palang Merah Indonesia yang Jatuh pada 17 September 2024

tanda tanya-athree23/pixabay-

Sejarah dan Makna Hari Palang Merah Indonesia yang Jatuh pada 17 September 2024

Hari Palang Merah Indonesia Jatuh Pada Tanggal Berapa? 3 Atau 17 September? Berikut Penjelasan dan Sejarahnya

Sejarah dan Makna Hari Palang Merah Indonesia: 3 atau 17 September?

Setiap tahunnya, bulan September menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia untuk memperingati Hari Palang Merah Indonesia (PMI). Namun, pertanyaan yang kerap muncul adalah, tanggal berapakah sebenarnya yang dianggap sebagai Hari Palang Merah Indonesia? Apakah 3 atau 17 September? Kedua tanggal ini sering kali menimbulkan kebingungan di kalangan masyarakat.

Merujuk pada situs resmi Pemerintah Kota Banjarmasin, ada dua tanggal yang sering disebutkan sebagai hari lahir PMI, yakni 3 September dan 17 September. Untuk memahami perbedaan ini, kita perlu melihat kembali sejarah terbentuknya Palang Merah Indonesia yang memiliki peran besar dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan, terutama di bidang kesehatan.




×

Sejarah Singkat Terbentuknya PMI
Palang Merah Indonesia didirikan tak lama setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Pada tahun 1945, tepatnya tanggal 3 September, Presiden Soekarno mengajukan gagasan penting untuk membentuk organisasi Palang Merah Nasional yang berfokus pada bantuan kemanusiaan. Namun, langkah konkret baru dimulai pada 5 September 1945, ketika panitia pembentukan Palang Merah Nasional dibentuk di bawah pimpinan Menteri Kesehatan saat itu, Dr. Buntaran Martoatmodjo.

Baca juga: Siapa Juara Umum PON XXI Aceh-Sumut 2024? Benarkah Jawa Timur Berhasil Kalahkan Jakarta dengan 7 Mendali Emas?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya