Mantan Presiden Peru, Alberto Fujimori, Meninggal Dunia, Pernah Dipenjara Karena Kasus Ini

Mantan Presiden Peru, Alberto Fujimori, Meninggal Dunia, Pernah Dipenjara Karena Kasus Ini

Alberto Fujimori--

Mantan Presiden Peru, Alberto Fujimori, Meninggal Dunia, Pernah Dipenjara Karena Kasus Ini

Alberto Fujimori, mantan Presiden Peru yang dikenal sebagai tokoh kontroversial, meninggal dunia pada usia 86 tahun.

Di satu sisi, ia dihormati karena berhasil menstabilkan ekonomi Peru, namun di sisi lain, ia dipenjara karena pelanggaran hak asasi manusia selama masa kepemimpinannya.

Putrinya, Keiko Fujimori, mengumumkan kabar duka ini setelah ayahnya bertahun-tahun berjuang melawan kanker.

Baca juga: Siapa Mama Tasya? Intip Biodata Tasya Putri Wilona Wanita Asal Jember yang Dilamar Ismail Langga Pria dari NTT Yang Berakhir Ditolak Hingga Viral




×

Baca juga: Mantan Presiden Peru, Alberto Fujimori Meninggal karena Kanker

Baca juga: Profil Biodata Maridha Deanova, Istri Mandala Shoji yang Pingsan Usai Dituntut Balik Hotel Golden Tulip Pontianak Rp 10 Miliar, Lengkap: Umur, Agama dan Akun IG

"Kami mengundang semua yang mencintainya untuk berdoa bersama demi kedamaian jiwanya," tulis Keiko di X pada hari Rabu. "Terima kasih banyak, Ayah!"

Fujimori, yang sebelumnya adalah seorang profesor dan insinyur pertanian, mendadak menjadi sorotan setelah secara mengejutkan masuk ke putaran kedua pemilihan presiden Peru tahun 1990, bersaing dengan penulis terkenal Mario Vargas Llosa.

Setelah melalui dua putaran pemilu, ia berhasil memenangkan kursi kepresidenan.

Selama dekade kepemimpinannya, Fujimori dipuji karena berhasil mengatasi hiperinflasi, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan menumpas pemberontakan kelompok Maois Jalur Cemerlang.

Meski begitu, putra dari imigran Jepang ini juga dikecam karena memperkuat kekuasaannya dengan cara yang dianggap otoriter, melemahkan lembaga-lembaga demokrasi dan supremasi hukum di Peru.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya