Viral Geng TKI di Jepang Resahkan Warga Osaka, Kemlu Buka Suara

Viral Geng TKI di Jepang Resahkan Warga Osaka, Kemlu Buka Suara

ilustrasi geng Jepang--

Kemlu RI kini sedang berupaya mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut dengan bantuan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka.

"KBRI Tokyo dan KJRI Osaka sedang melakukan investigasi lebih lanjut untuk memastikan keakuratan informasi ini, termasuk berkoordinasi dengan komunitas WNI di Jepang," tambah Judha.

Pemerintah juga menegaskan pentingnya bagi setiap WNI di luar negeri untuk mematuhi hukum dan norma yang berlaku di negara tempat tinggal mereka.

"Kemlu dan perwakilan RI terus mengimbau agar WNI di luar negeri mematuhi hukum lokal, menjaga ketertiban, dan menghormati budaya setempat," ujar Judha.

Dalam merespons kabar ini, KBRI Tokyo mengeluarkan pernyataan resmi yang meminta WNI di Jepang untuk bersikap tertib dan menjaga nama baik Indonesia di mata masyarakat Jepang.




×

Dalam pernyataan yang disiarkan pada Sabtu (31/8), KBRI Tokyo menekankan pentingnya mematuhi norma dan hukum setempat. "Setiap pelanggaran hukum akan memiliki konsekuensi yang harus ditanggung oleh pelakunya," tulis KBRI Tokyo.

Selain itu, WNI di Jepang diharapkan dapat saling mengingatkan dan menjaga komunikasi dengan komunitas WNI serta perwakilan RI. KBRI Tokyo juga mengingatkan bahwa pihak berwenang di Jepang memiliki wewenang untuk mengambil tindakan hukum terhadap warga negara asing yang melanggar ketertiban.

"Jangan sampai tujuan mulia untuk meraih sukses di negeri orang terhambat oleh tindakan kita sendiri. Mari kita jaga nama baik Indonesia!" tutup KBRI Tokyo dalam imbauannya.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya