Daftar & Jadwal Fenomena Langit September 2024, Mulai Supermoon Hingga Ekuinoks

Daftar & Jadwal Fenomena Langit September 2024, Mulai Supermoon Hingga Ekuinoks

Fenomena Alam Hujan Meteor--

  1. Elongasi Merkurius

Pada 5 September 2024, Merkurius akan mencapai elongasi barat maksimum, yakni sudut terbesar yang dibentuk antara Bumi, Matahari, dan Merkurius.

Fenomena ini adalah saat terbaik untuk mengamati Merkurius karena ia akan berada pada titik tertinggi di atas cakrawala pada pagi hari. Carilah Merkurius di langit timur sebelum Matahari terbit.

  1. Oposisi Saturnus

Fenomena oposisi Saturnus terjadi ketika Bumi berada tepat di antara Saturnus dan Matahari, yang akan terjadi pada 8 September 2024.

Saat ini, Saturnus akan terlihat lebih terang dari biasanya dan akan terlihat sepanjang malam. Ini adalah waktu terbaik untuk melihat dan memotret Saturnus beserta cincinnya.

  1. Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana bulan sebagian akan terjadi pada 18 September 2024 dan akan dapat dilihat dari berbagai wilayah, termasuk Amerika Utara, Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Samudra Atlantik, serta sebagian besar Eropa dan Afrika.




×

Saat gerhana ini, Bulan hanya akan melewati sebagian bayangan gelap Bumi, yang disebut umbra. Ini juga menjadi kesempatan bagus untuk mengamati cincin Saturnus.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya