88 Kasus Cacar Monyet Sudah Ada di Indonesia, Terbanyak di Kota ini, Awas Penularan Melalui Kontak Langsung

88 Kasus Cacar Monyet Sudah Ada di Indonesia, Terbanyak di Kota ini, Awas Penularan Melalui Kontak Langsung

Ilustrasi sentuhan tangan--

Di sisi lain, Clade II, yang berasal dari Afrika Barat dengan subclade IIa dan IIb, memiliki tingkat fatalitas sekitar 3,6% dan penyebarannya mayoritas melalui kontak seksual.

Mpox menular melalui kontak langsung dengan lesi bernanah pada kulit, termasuk saat berhubungan seksual. Yudhi mengingatkan bahwa hubungan seksual antara sesama lelaki memiliki risiko penularan yang lebih tinggi.

Ia menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker medis jika merasa tidak sehat dan segera memeriksakan diri jika muncul gejala seperti lesi pada kulit.

Kemenkes telah melakukan berbagai upaya pencegahan, termasuk surveilans di fasilitas kesehatan, investigasi epidemiologi bersama komunitas dan mitra HIV/AIDS, serta penetapan 12 laboratorium rujukan nasional untuk pemeriksaan Mpox.

Selain itu, Kemenkes juga sedang menyiapkan 4.450 dosis vaksin untuk pencegahan cacar monyet.




×

Yudhi juga mengungkapkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali menetapkan Mpox sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (PHEIC) pada 14 Agustus 2024, setelah adanya peningkatan kasus di Republik Demokratik Kongo dan beberapa negara Afrika lainnya.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya