Apa Alasan Bawaslu Buka Formasi CPNS 2024 Besar-besaran, Menpan? Benarkah Untuk Memudahkan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Apa Alasan Bawaslu Buka Formasi CPNS 2024 Besar-besaran, Menpan? Benarkah Untuk Memudahkan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

sekolah-kaboompics/pixabay-

Azwar Anas berharap agar formasi tersebut dapat dioptimalkan dan mendukung berbagai aktivitas pengawasan pemilu yang dilakukan oleh Bawaslu.

"Mudah-mudahan formasi ini bisa mendukung kerja-kerja pengawasan pemilu dengan lebih efektif," ungkapnya, seperti yang dikutip dari situs resmi Bawaslu.

Acara penyerahan izin prinsip ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kinerja Bawaslu.

Azwar Anas juga menekankan pentingnya integrasi sistem digital dengan sumber daya manusia (SDM) yang ada dalam formasi baru ini. "Tentu saja, mengintegrasikan teknologi dengan SDM merupakan tantangan, namun ini penting untuk meningkatkan efisiensi pengawasan," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menyatakan bahwa formasi yang baru akan memprioritaskan tenaga honorer Bawaslu yang telah mengabdi selama bertahun-tahun. "Kami akan memberikan prioritas kepada mereka yang telah lama mengabdi sebagai tenaga honorer di Bawaslu," ujar Bagja. Dia berharap bahwa dengan adanya formasi baru ini, kemampuan dan keahlian di bidang pengawasan pemilu serta pemilihan kepala daerah dapat meningkat.




×

Bagja juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kemenpan RB dan pemerintah atas penambahan formasi ini. "Kami sangat berterima kasih kepada Kemenpan RB dan pemerintah atas kesempatan yang diberikan melalui formasi ini," katanya. Selain itu, Bagja juga berharap adanya usulan dari 'fresh graduate' yang dapat membantu dalam bidang teknologi informasi (IT) untuk meningkatkan kemampuan Bawaslu dalam pengawasan dan sosialisasi di media sosial.

Dalam acara tersebut, Bagja juga memaparkan rincian beberapa formasi yang akan dibuka dalam seleksi Calon ASN (CASN) Bawaslu 2024, di antaranya analis hukum, analis pengawasan, IT, analis peraturan perundang-undangan, dan analisis kebijakan publik. "Kami sangat berterima kasih atas berbagai kesempatan yang diberikan melalui formasi ini," pungkasnya.

Baca juga: Jadwal, Formasi, Syarat, Buat Akun SSCASN Serta Link Pendaftaran CPNS 2024

Dengan adanya tambahan formasi ini, diharapkan Bawaslu akan semakin efektif dalam menjalankan tugasnya, khususnya dalam pengawasan pemilu dan pilkada.

 

 

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya