Siapa Elza Syarief? Sosok Pengacara yang Terus Bantah Keaslian Bukti Chat Vina Cirebon

Siapa Elza Syarief? Sosok Pengacara yang Terus Bantah Keaslian Bukti Chat Vina Cirebon

Elza Syarief Pengacara Kasus Vina--

Profil Elza Syarief

Elza Syarief lahir pada 24 Juli 1957 dan berasal dari keluarga Minangkabau. Ia adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Ayahnya, Syarief Samsuddin, adalah seorang dosen ekonomi lulusan Universitas Indonesia dan pernah menjabat sebagai Direktur Muda Bank Rakyat Indonesia, sementara ibunya, Betty Boerhanuddin, lahir di Palembang.

Elza menyelesaikan pendidikan di SMA Xaverius Bandar Lampung pada 1975, dan melanjutkan studi hukum di Fakultas Hukum Universitas Jayabaya, meraih gelar Sarjana Hukum pada 1987. Ia kemudian mendapatkan gelar Magister Hukum di bidang Hukum Bisnis dari Universitas Padjajaran pada 2003 dengan predikat Cum Laude, serta gelar Doktor di bidang yang sama pada 2009 dengan predikat Cum Laude.

Karier hukum Elza dimulai dengan bergabung di Ikatan Warga Satya dan kemudian bekerja di kantor pengacara O.C. Kaligis sebelum mendirikan kantornya sendiri, Elza Syarief & Partner, pada 1991. Ia menangani banyak kasus korporat besar, termasuk perusahaan-perusahaan milik keluarga Soeharto seperti Mandala Permai, Citra Nasional, dan Timor Motor.

Elza juga terkenal karena keterlibatannya dalam kasus-kasus korupsi besar seperti Muhammad Nazaruddin dan kasus selebritis. Ia menjabat sebagai dosen tetap di beberapa universitas dan merupakan pendiri serta ketua organisasi seperti Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA) dan Ikatan Keluarga Minang.

Selain itu, Elza Syarief juga terlibat dalam pendirian organisasi advokat seperti Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) dan Perkumpulan Penasihat dan Konsultan Hukum Indonesia (PERHAKHI). Ia memiliki beberapa perusahaan di berbagai sektor, termasuk keamanan, perkebunan, dan tambang.




×

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya