CEK Daftar Wilayah Daerah Persebaran kasus Mpox di Indonesia, Apa Wilayahmu Termasuk?

CEK Daftar Wilayah Daerah Persebaran kasus Mpox di Indonesia, Apa Wilayahmu Termasuk?

Cacar Air Mpox--

"Sejak 2022 hingga 2024, ada total 88 kasus terkonfirmasi. Dari jumlah itu, 87 kasus telah sembuh, sementara satu kasus masih dalam perawatan karena baru dikonfirmasi pada Juni lalu," jelas Yudhi.

"Pada 2022, terdapat 1 kasus terkonfirmasi, pada 2023 ada 73 kasus, dan hingga 2024 ini ada 14 kasus terkonfirmasi," tambahnya.

Yudhi juga menegaskan bahwa Indonesia akan terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi penularan Mpox.

"Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Kesehatan, terus meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan langkah-langkah kesiapsiagaan serta respons terhadap Mpox, yang kini kembali dinyatakan sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (PHEIC) oleh WHO," ujarnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 14 Agustus 2024 kembali menetapkan Mpox sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (PHEIC) setelah adanya peningkatan kasus di Republik Demokratik Kongo dan beberapa negara Afrika lainnya.




×

Sementara itu, di Indonesia, Mpox telah dikategorikan sebagai Penyakit Emerging Tertentu Berpotensi Wabah, dan penanggulangannya telah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/1977/2022.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya