Apa itu Mpox, Virus Calon Pandemi Baru yang Sudah Masuk di Indonesia

Apa itu Mpox, Virus Calon Pandemi Baru yang Sudah Masuk di Indonesia

Cacar Air Mpox--

Menurut laporan dari Live Science pada Senin (19/8), mpox adalah salah satu spesies virus cacar, seperti cacar air dan cacar sapi, yang ditandai dengan ruam yang diikuti dengan munculnya benjolan pada kulit.

Pada kasus cacar air, lenting-lenting ini kemudian terisi dengan cairan dan akhirnya berkeropeng.

Seperti halnya virus Covid-19, virus mpox juga dapat berubah secara genetik dan bermutasi dengan cepat.

Cacar air, meskipun biasanya bermutasi lebih lambat dibandingkan virus lain seperti HIV, juga mengalami perubahan. HIV, misalnya, dapat berubah sekitar tiga kali setiap kali virus tersebut bereplikasi.

Ada dua jenis virus cacar air, yaitu clade I dan clade II. Hingga sekitar lima atau enam tahun yang lalu, variasi clade ini tidak begitu banyak. Namun, kedua jenis ini kini telah berkembang dan memiliki subclade baru untuk clade I dan II.




×

Clade II dianggap lebih tidak berbahaya dengan tingkat kematian sekitar 0,1 persen, artinya hanya satu dari seribu kasus mpox yang menyebabkan kematian.

Saat ini, para ilmuwan telah menemukan ribuan kasus clade I yang dilaporkan di 16 negara di Afrika dengan tingkat kematian mencapai 3-4 persen. Ini berarti tiga atau empat dari setiap seratus orang yang terinfeksi meninggal dunia, dan banyak dari korban tersebut adalah anak-anak.

Dibandingkan dengan Covid-19, tingkat kematian akibat mpox relatif lebih tinggi. Selama masa penyebaran Covid-19 dari 30 Januari 2020 hingga 31 Desember 2021, perkiraan tingkat kematian akibat Covid-19 hanya sekitar 1,2 persen, masih lebih rendah dibandingkan mpox di Afrika.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya