Apa itu Mpox, Virus Calon Pandemi Baru yang Sudah Masuk di Indonesia

Apa itu Mpox, Virus Calon Pandemi Baru yang Sudah Masuk di Indonesia

Cacar Air Mpox--

Apa itu Mpox, Virus Calon Pandemi Baru yang Sudah Masuk di Indonesia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan wabah mpox di Afrika sebagai keadaan darurat kesehatan global, sebuah peringatan serius terhadap ancaman penyebaran penyakit ini.

Setelah deklarasi tersebut, Swedia menjadi negara pertama di luar Afrika yang melaporkan kasus mpox pada Kamis (15/8).

Tak lama kemudian, Pakistan juga melaporkan kasus pertama virus mpox yang mematikan. Pasien pertama di Pakistan adalah seorang pria berusia 34 tahun yang saat ini sedang dirawat di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Baca juga: Saksikan Sinopsis Sinetron SCTV Naik Ranjang Hari ini 20 Agustus 2024: Abel Mengolok-Olok Tyas yang Merebut Suami Adiknya Sendiri Hani




×

Baca juga: Kemenkes Catat 88 Kasus Mpox Tersebar di Indonesia, Cek Daftar Varian yang Sedang Merebak

Baca juga: Sinopsis Sinetron SCTV My Heart Hari ini 20 Agustus 2024: Kehadiran Cut Syifa Sebagai Gadis Menunggang Kuda Buat Penonton Gembira

Virus ini juga telah terdeteksi di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan 88 kasus terkonfirmasi mpox sejak tahun 2022 hingga Agustus 2024, dengan rincian 1 kasus pada 2022, 73 kasus pada 2023, dan 14 kasus pada 2024.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Yudhi Pramono, menyatakan bahwa dari 88 kasus tersebut, 87 pasien telah sembuh dan satu pasien masih dalam proses penyembuhan sejak terkonfirmasi pada bulan Juni lalu.

Mpox di Indonesia tersebar di enam provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kepulauan Riau.

Jadi, apa sebenarnya mpox yang dikhawatirkan WHO dapat menjadi wabah baru di dunia?

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya