Kemenkes Catat 88 Kasus Mpox Tersebar di Indonesia, Cek Daftar Varian yang Sedang Merebak

Kemenkes Catat 88 Kasus Mpox Tersebar di Indonesia, Cek Daftar Varian yang Sedang Merebak

Cacar Air Mpox--

Terdapat dua Clade virus Mpox: Clade I yang berasal dari Afrika Tengah (Congo Basin) dengan subclade 1a, yang memiliki tingkat fatalitas (CFR) lebih tinggi dan ditularkan melalui beberapa mode transmisi; serta Clade II yang berasal dari Afrika Barat dengan subclade IIa dan IIb, yang memiliki CFR lebih rendah dan sebagian besar penularannya terjadi melalui kontak seksual pada saat wabah tahun 2022.

Dr. Prasetyadi Mawardi, SpKK(K), dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), mengonfirmasi bahwa varian Clade I, baik 1a maupun 1b, belum terdeteksi di Indonesia. Sejak tahun 2022, varian yang ditemukan di Indonesia adalah Clade II.

"Clade I memang memiliki tingkat fatalitas yang relatif lebih tinggi dibandingkan Clade II, dan biasanya penularannya melalui kontak erat, tidak selalu melalui kontak seksual," ujarnya.

Sebagai langkah pencegahan, Kemenkes telah melakukan surveilans di seluruh fasilitas kesehatan, penyelidikan epidemiologi bekerja sama dengan komunitas dan mitra HIV-AIDS, serta menetapkan 12 laboratorium rujukan secara nasional untuk pemeriksaan Mpox dan WGS.

Untuk pengobatan, Kemenkes telah menyiapkan terapi simtomatis yang disesuaikan dengan tingkat keparahan kasus. Pasien dengan gejala ringan dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah dengan pemantauan dari puskesmas setempat, sementara pasien dengan gejala berat harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.




×
TAG:
Sumber:

Berita Lainnya