Kemenkes Catat 88 Kasus Mpox Tersebar di Indonesia, Cek Daftar Varian yang Sedang Merebak

Kemenkes Catat 88 Kasus Mpox Tersebar di Indonesia, Cek Daftar Varian yang Sedang Merebak

Cacar Air Mpox--

Kemenkes Catat 88 Kasus Mpox Tersebar di Indonesia, Cek Daftar Varian yang Sedang Merebak

Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) telah melaporkan 88 kasus terkonfirmasi Mpox atau cacar monyet hingga Sabtu, 17 Agustus 2024.

Dari jumlah tersebut, DKI Jakarta mencatatkan kasus terbanyak dengan 59 kasus, diikuti oleh Jawa Barat dengan 13 kasus, Banten dengan 9 kasus, Jawa Timur dengan 3 kasus, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 3 kasus, dan Kepulauan Riau dengan 1 kasus.

Baca juga: Baca Killer Peter 55 Bahasa Indonesia, Killer Peter Chapter 54 55 56 Sub Indo, Bukan Komikcast Komikindo RAW

Baca juga: Nando Kembali Mendekati Saleha Usai Gagal Menikah dengan Isabella, Sinopsis Saleha Hari ini 20 Agustus 2024 dan Link Nonton




×

Baca juga: Apa Agama Adriel Susanteo? Islam Atau Kristen? Inilah Profil Kekasih Amanda Rawles yang Resmi Melamarnya di Italia

Sebagian besar pasien, yakni 87 orang, telah dinyatakan sembuh. Berdasarkan tren mingguan, puncak kasus konfirmasi Mpox di Indonesia terjadi pada Oktober 2023.

Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, dr. Yudhi Pramono, MARS, menjelaskan bahwa dari 88 kasus yang terkonfirmasi, 54 kasus memenuhi syarat untuk dilakukan whole genome sequencing (WGS) guna mengidentifikasi varian virus yang beredar.

"Dari 54 kasus tersebut, semuanya merupakan varian Clade IIB. Clade II ini adalah yang paling banyak menyebarkan wabah Mpox sejak tahun 2022 hingga sekarang, dengan tingkat fatalitas yang lebih rendah dan sebagian besar penularannya melalui kontak seksual," jelas dr. Yudhi dalam konferensi pers terkait perkembangan kasus Mpox di Indonesia pada Minggu, 18 Agustus 2024.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya