Profil Ribka Haluk, Pj Gubernur Papua Tengah yang Berpengalaman dan Berprestasi

Profil Ribka Haluk, Pj Gubernur Papua Tengah yang Berpengalaman dan Berprestasi

Ribka Haluk--

Ribka Haluk, mantan Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil Papua, kini resmi menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah. Pelantikan ini dilakukan pada Jumat, 11 November 2022, setelah penunjukan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 115/P/2022. Proses pelantikan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, atas nama Presiden.

Dalam keterangannya kepada media, Tito menekankan bahwa Ribka Haluk, yang juga pernah menjabat sebagai Pj Bupati Yalimo, merupakan simbol kuat emansipasi perempuan di Papua. Tito juga berharap Ribka dapat menghadapi berbagai tantangan yang ada di Papua Tengah dengan baik.

Tito mengakui bahwa pada awalnya, ia merasa ragu terhadap kemampuan Ribka saat menjabat sebagai Pj Bupati Yalimo, terutama karena situasi konflik yang terjadi pada masa itu terkait Pilkada.

Baca juga: 6 Soal TIU CPNS 2024 Lengkap Kunci Jawaban dan Pembahasan, Pasti Lolos Pendaftaran yang Akan Dibuka pada 20 Agustus 2024

Baca juga: PROFIL Biodata Yerin Ha Aktris Keturunan Korea Selatan yang akan Bintangi Bridgerton 4, Lengkap dari Umur, Agama dan Akun Instagram




×

Baca juga: Apa Agama Yerin Ha? Budha Atau Kristen? Inilah Biodata Aktris Keturunan Korea Selatan yang akan Bintangi Bridgerton 4

Namun, Ribka berhasil membuktikan kemampuannya dalam mengatasi konflik tersebut. Oleh karena itu, Tito optimis bahwa Ribka akan mampu merangkul semua pihak di Papua Tengah, terlebih lagi karena Ribka berasal dari wilayah pegunungan Papua dan suaminya berasal dari Nabire.

Perjalanan Karier Ribka Haluk

Ribka Haluk lahir di Piramid pada 10 Januari 1971. Ia menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Cenderawasih dan melanjutkan studi magister di bidang Ilmu Administrasi di Universitas Garut. Ribka kemudian memperoleh gelar doktor dalam Ilmu Manajemen dari Universitas Cenderawasih.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya