13 Daftar Daerah yang Terkena Gempa Megathrust Menurut BMKG di Indonesia

13 Daftar Daerah yang Terkena Gempa Megathrust Menurut BMKG di Indonesia

ilustrasi tanah latosol. -(UMSU)-

Menurut penjelasan dari kanal YouTube Gempa ITB, gempa megathrust adalah hasil dari akumulasi energi pada patahan besar yang terletak di pertemuan lempeng benua. Di selatan Pulau Jawa, megathrust membentang sepanjang 1000 kilometer dengan bidang kontak selebar 200 kilometer dan kedalaman sekitar 60 kilometer. Energi yang terkumpul di bidang ini bisa sangat besar dan siap dilepaskan sewaktu-waktu.

Proses Terjadinya Gempa Megathrust
Gempa megathrust terjadi ketika lempeng samudera menyusup ke bawah lempeng benua dan membentuk bidang kontak yang disebut megathrust. Selama puluhan hingga ratusan tahun, energi akan terakumulasi di bidang ini. Ketika energi yang tersimpan mencapai titik jenuh, ia akan dilepaskan secara tiba-tiba, menyebabkan gempa bumi besar.

Fenomena ini dapat menghasilkan gelombang tsunami yang sangat besar jika pergeseran bidang megathrust cukup signifikan. Tsunami terjadi karena adanya pergeseran massa air laut yang besar akibat gempa megathrust.

Daerah yang Terkena Dampak Gempa Megathrust di Indonesia

Baca juga: Nonton dan Download Perfect Family Episode 1-2 Sub Indo Dibintangi Park Ju Hyun di KBS Bukan LK21: Sun Hee Terjebak Kasus Pembunuhan yang Membuat Keluarga Berantakan




×

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya