1 Syarat Utama yang Harus Dipenuhi Agar Bisa Mendapatkan Bansos PKH Agustus 2024 Secara online Muapun Offline

1 Syarat Utama yang Harus Dipenuhi Agar Bisa Mendapatkan Bansos PKH Agustus 2024 Secara online Muapun Offline

Uang--

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

Kunjungi Kantor Desa
Keluarga yang ingin mengajukan permohonan dapat langsung datang ke kantor desa masing-masing. Pastikan Anda membawa syarat administrasi yang diperlukan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Proses Pengusulan di Desa
Setelah pendaftaran, data Anda akan diproses dalam Musyawarah Desa (Musdes). Pada tahap ini, pihak desa akan melakukan verifikasi awal dan memberikan rekomendasi kepada Kepala Desa (Kades).

Rekomendasi dari Kepala Desa
Rekomendasi dari Kades akan dibawa ke tingkat Kecamatan. Di sini, Dinas Sosial akan melakukan Verifikasi dan Validasi untuk memastikan kelayakan calon penerima.

Masuk ke Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS)
Jika data Anda lolos dalam proses Verifikasi dan Validasi, informasi akan dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS).




×

Persetujuan Bupati atau Wali Kota
Terakhir, untuk menjadi penerima Bansos PKH, data Anda perlu disahkan oleh Bupati atau Wali Kota setempat.

Pendaftaran Bansos PKH Secara Online
Selain metode offline, Anda juga dapat mendaftar Bansos PKH secara online menggunakan aplikasi Cek Bansos. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

Unduh Aplikasi Cek Bansos
Aplikasi ini tersedia di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Unduh dan instal aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Pembuatan Akun
Ikuti instruksi untuk membuat akun di aplikasi. Pastikan semua data yang dimasukkan akurat dan sesuai.

Tambahkan Usulan Penerima
Setelah akun dibuat, Anda dapat menambah usulan penerima Bansos PKH melalui aplikasi. Ikuti semua langkah yang diminta untuk melengkapi proses pengajuan.

Menunggu Persetujuan
Setelah proses pengajuan selesai, Dinas Sosial akan meninjau dan memberikan respons terhadap usulan yang telah diajukan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Bansos PKH Agustus 2024? Benarkah Bisa Offline dan Online? Ini 1 Syarat yang Wajib Dipenuhi!

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya