Desain Istana IKN Banyak Dikritik, Menkominfo nilai Istana Garuda di IKN bisa jadi kebanggaan nasional

Desain Istana IKN Banyak Dikritik, Menkominfo nilai Istana Garuda di IKN bisa jadi kebanggaan nasional

Istana Garuda IKN--

Dibangun di atas lahan seluas 55,7 hektar dengan luas tapak 334.200 meter persegi, Istana Garuda menjadi bagian dari kompleks Istana Kepresidenan di IKN.

Budi menambahkan bahwa Istana Garuda tidak hanya akan menjadi landmark IKN, tetapi juga merupakan perpaduan harmonis antara seni, sains, dan teknologi yang dihasilkan oleh putra-putri bangsa.

"Bangunan-bangunan ikonik di seluruh dunia juga menggabungkan unsur-unsur seni, sains, dan teknologi," jelas Budi.

Dari sisi seni, desain Istana Garuda dirancang dengan memperhatikan estetika, kegunaan, serta dampaknya terhadap kemajuan sektor pariwisata Indonesia.

Sebagai karya anak bangsa, masyarakat Indonesia patut berbangga karena Istana Kepresidenan di IKN dirancang dan dibangun sepenuhnya oleh putra-putri Indonesia, berbeda dengan istana-istana kepresidenan sebelumnya yang merupakan peninggalan era kolonial.




×

"Desain Istana Garuda ini adalah hasil karya anak bangsa yang berakar dari budaya nusantara. Ini juga menjadi simbol dari lambang negara kita, Burung Garuda," tambah Budi.

Dari segi teknologi, Istana Garuda akan dibangun dengan patung yang menggunakan berbagai material seperti tembaga, kuningan, galyalum, dan kaca, yang telah dipatenkan.

Menariknya, Istana Garuda juga akan menampilkan perpaduan sains dan seni melalui proses perubahan warna material seiring berjalannya waktu. Material tembaga dan kuningan akan mengalami oksidasi, sehingga warnanya akan berubah secara perlahan menjadi hijau toska yang terang.

"Istana Kepresidenan di IKN akan menjadi ikon dan kebanggaan kita sebagai bangsa. Ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dunia, yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata kita," tutup Budi.

TAG: #ikn
Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya