Apa Pekerjaan Purwanto Suwondo Ayah Arkhan Kaka Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Viral Ternyata Bukan Orang Sembarangan!

Apa Pekerjaan Purwanto Suwondo Ayah Arkhan Kaka Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Viral Ternyata Bukan Orang Sembarangan!

Kaka-Instagram-

Namun, bukan hanya penampilan apiknya yang membuatnya dibicarakan. Arkhan Kaka juga mencuri perhatian karena melakukan selebrasi gol yang mirip dengan selebrasi penyerang legendaris Indonesia, Bambang Pamungkas. Selebrasi khas Bepe—sapaan akrab Bambang Pamungkas—yang diadaptasi oleh Arkhan Kaka ini, menunjukkan betapa dalamnya penghargaan dan rasa hormatnya terhadap sang legenda.

Arkhan Kaka sendiri mengaku bahwa selebrasi tersebut dilakukan secara spontan. "Saya melakukan selebrasi ini dengan spontan. Bepe adalah sosok yang sangat saya hormati karena ayah saya, Purwanto Suwondo, dulu adalah rekan Bepe di Persija Jakarta," ujar Arkhan Kaka dalam konferensi pers usai pertandingan.

Mengulik Profil Purwanto Suwondo

Lalu, siapa sebenarnya Purwanto Suwondo, sosok di balik Arkhan Kaka? Purwanto Suwondo adalah mantan penyerang Timnas Indonesia yang lahir pada 15 Mei 1977 di Lampung. Meskipun dilahirkan di Lampung, Purwanto memulai karir sepak bolanya di Blitar, berkat latar belakang keturunan Blitar-Yogyakarta yang dimilikinya.

Karir sepak bola Purwanto dimulai di PSBI Blitar 1928, klub pertamanya. Perjalanannya di dunia sepak bola tidak dimulai dengan mudah. Purwanto mengaku bahwa dorongan dari ayahnya merupakan salah satu faktor utama yang membuatnya serius mengejar karir sebagai pesepak bola profesional.




×

Selama perjalanan karirnya, Purwanto Suwondo telah membela berbagai klub di Indonesia, antara lain Persija Jakarta, Persitara Jakarta Utara, Persijatim, Pelita Jaya, PSIS Semarang, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, Arema, dan Persidafon Dafonsoro. Ia juga sempat merasakan pengalaman bermain di klub-klub asal Pulau Sumatera, seperti Lampung Utara, Lampung Tengah, dan Semen Padang.

Dari sekian banyak klub yang pernah dibelanya, Purwanto merasa sangat berkesan dengan pengalaman bermain di Semen Padang. Di klub tersebut, Purwanto berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan mencetak 18 gol dalam satu musim kompetisi, yang akhirnya membawanya menembus Timnas Indonesia.

Baca juga: PROFIL Biodata Elia Immanuel Putra, Sosok Kerangka Mayat yang Ditemukan Bersama Ibunda Indah Hayati, Lengkap dari Umur, Agama dan Akun Instagram

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya