Apa Itu Demam Oropouche? Yang Telan 2 Korban Tewas di Brazil Akibat Gigitan Nyamuk Culicoides Paraenses Benarkah Pendemi Baru Lebih Ganas Daripada Covid-19?

Apa Itu Demam Oropouche? Yang Telan 2 Korban Tewas di Brazil Akibat Gigitan Nyamuk Culicoides Paraenses Benarkah Pendemi Baru Lebih Ganas Daripada Covid-19?

nyamuk-Emphyrio-

Apa Itu Demam Oropouche?
Demam Oropouche adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Oropouche (OROV), sebuah jenis virus arboviral. Penyakit ini umumnya ditularkan melalui gigitan nyamuk Culicoides paraenses, yang dikenal secara lokal sebagai maruim. Demam ini memiliki gejala yang mirip dengan demam berdarah dengue dan Chikungunya, sehingga dapat membingungkan dalam proses diagnosis.

Gejala dan Identifikasi Kasus
Gejala demam Oropouche termasuk demam tinggi, nyeri punggung bawah, sakit kepala, hilangnya nafsu makan, muntah, kelelahan, nyeri sendi, dan nyeri pada mata. Kasus-kasus terkonfirmasi biasanya menunjukkan tanda-tanda pemulihan antara hari ketiga dan keempat setelah gejala pertama kali muncul.

Puncak kasus teramati terjadi pada minggu epidemi ke-21, yang berakhir pada 24 Mei. Semua kasus yang dilaporkan menunjukkan bahwa gejala biasanya mereda dalam waktu beberapa hari. Namun, hingga 5 Juni, tidak ada laporan tentang kasus parah atau fatal yang dilaporkan.

Penyelidikan dan Upaya Pencegahan
Saat ini, pihak berwenang Brasil sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menentukan apakah kematian lain di negara bagian Santa Catarina, yang terletak di Brasil Selatan, berhubungan dengan demam Oropouche. Selain itu, mereka juga memeriksa kemungkinan hubungan antara demam ini dengan empat kasus keguguran dan dua kasus mikrosefali pada bayi di Pernambuco, Bahia, dan Acre.

Sejak awal tahun 2023, tes diagnostik untuk demam Oropouche telah tersedia di fasilitas kesehatan publik di seluruh Brasil. Hal ini memungkinkan identifikasi kasus-kasus baru di berbagai wilayah negara tersebut.




×

Baca juga: 20 Film Bioskop yang Tayang pada Bulan Agustus 2024 Ada Fly Me to the Moon Hingga Dosen Gaib dan Rumah Dinas Bapak

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya