Benarkah Roti Okko Mengandung Natrium Dehidroasetat Hingga Ditarik BPOM, Apa Itu dan Apa Efeknya ke Manusia?

Benarkah Roti Okko Mengandung Natrium Dehidroasetat Hingga Ditarik BPOM, Apa Itu dan Apa Efeknya ke Manusia?

Roti Okko--

Batas Aman Natrium Dehidroasetat: Manfaat dan Efek Samping

Natrium dehidroasetat, atau sodium dehydroacetate, adalah garam natrium dari asam dehidroasetat. Natrium adalah unsur kimia dengan simbol Na dan nomor atom 11.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), natrium atau sodium adalah logam alkali lunak berwarna putih perak.

Senyawa dengan struktur molekul C8H7NaO4 ini berbentuk bubuk kristal putih atau putih pudar, tidak berbau, dan mudah larut dalam air. Senyawa ini diklasifikasikan sebagai turunan piron dan umumnya digunakan sebagai fungisida dan bakterisida.

Natrium dehidroasetat sering digunakan sebagai bahan pengawet makanan untuk memperpanjang umur simpan dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan ragi.

Penggunaannya dalam industri makanan juga bertujuan meningkatkan keamanan makanan dan mempertahankan kualitas produk.




×

Namun, penggunaan natrium dehidroasetat dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti rasa terbakar, kulit kering, kemerahan, iritasi, gatal, ruam, dan perih.

Orang yang alergi terhadap senyawa ini bisa mengalami gatal-gatal, ruam kulit, dan kesulitan bernapas. Zat ini juga dapat mengganggu sistem pencernaan, menyebabkan mual, muntah, dan diare.

Food and Drug Administration (FDA) pada 22 Maret 2024 mengeluarkan regulasi mengenai batas aman penggunaan natrium dehidroasetat.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya