Ternyata Ini Alasannya! BMKG Ungkap Penyebab Suhu Udara Dingin di Musim Kemarau

Ternyata Ini Alasannya! BMKG Ungkap Penyebab Suhu Udara Dingin di Musim Kemarau

Suhu Tinggi Kekeringan El Nino--

Ternyata Ini Alasannya! BMKG Ungkap Penyebab Suhu Udara Dingin di Musim Kemarau

Dalam beberapa hari terakhir, beberapa daerah di Indonesia mengalami suhu udara yang cukup dingin.

Sebuah pesan yang beredar di media sosial menyatakan bahwa fenomena ini disebabkan oleh Aphelion, yaitu ketika Bumi dan Matahari berada pada jarak terjauh.

Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa suhu dingin ini tidak disebabkan oleh Aphelion. Fenomena ini tidak memiliki dampak signifikan terhadap atmosfer atau cuaca.

Baca juga: Siapa Danya Khalifi? Streamer PUBG yang Meninggal Dunia, Selebgram D'Kadoor Jelaskan Kronologi Kematiannya




×

Baca juga: PROFIL Tampang Danya Khalifi, Streamer PUBG yang Meninggal Dunia, Lengkap dari Umur, Agama, Pasangan dan Akun Instagram

Baca juga: WhatsApp Ternyata Bisa Terjemahkan Telepon dan Chat Bahasa Asing, Cek Daftar HP Apa Saja yang Bisa

"Kondisi cuaca dingin yang terjadi di Indonesia selama bulan Juli tidak ada hubungannya dengan fenomena Aphelion. Pada saat Aphelion, posisi matahari memang berada pada jarak terjauh dari Bumi, tetapi kondisi ini tidak berpengaruh banyak pada fenomena atmosfer atau cuaca di permukaan," jelas BMKG dalam situs resminya, Senin (22/7/2024).

BMKG menambahkan bahwa fenomena suhu dingin adalah hal yang alami terjadi pada puncak musim kemarau, yang biasanya berlangsung dari Juli hingga September.

"Suhu udara dingin sebenarnya merupakan fenomena alami yang umum terjadi pada bulan-bulan puncak musim kemarau (Juli-September)," ujar lembaga tersebut.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya