Abdul Gani Kasuba Mantan Gubernur Maluku Utara Habiskan Rp3 M untuk Pesan 3 Wanita Penghibur di Jakarta

Abdul Gani Kasuba Mantan Gubernur Maluku Utara Habiskan Rp3 M untuk Pesan 3 Wanita Penghibur di Jakarta

Abdul gani-Instagram-

Siapa Abdul Gani Kasuba?
Lulusan Fakultas Dakwah Islamic University Madinah, Gani Kasuba pernah menjadi Sekretaris Persatuan Pelajar Mahasiswa Medinasi pada tahun 1976 hingga 1977. Karirnya di Maluku Utara dimulai sebagai Kepala Inspeksi Al Khairat Maluku Utara - Irian Jaya pada tahun 1983 hingga 1990. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Wakil Majelis Ulama Provinsi Maluku Utara dari tahun 1994 hingga 1999.

Gani juga memiliki rekam jejak panjang di dunia politik. Ia pernah menjadi Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Maluku Utara dan Ketua Badan Pembina Umat PKS Provinsi Maluku Utara. Namun, pada tahun 2018, ia tidak lagi menjadi kader PKS.

Kasus yang Menjerat Keluarga
Tidak hanya Gani, istrinya, Faoniah Hi Djaohar, juga diduga terlibat dalam tindak pidana penggelapan uang. Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Malut terus mendalami kasus tersebut, namun Faoniah tidak pernah menghadiri tiga kali panggilan penyidik untuk dimintai keterangan.

Perjalanan Karir Politik
Abdul Gani Kasuba memulai karir politiknya sebagai anggota DPR RI dari PKS pada tahun 2004 hingga 2007. Kemudian, ia diusung PKS menjadi Wakil Gubernur Maluku Utara dan menjabat dari tahun 2008 hingga 2013.

Pada tahun 2014, Gani terpilih sebagai Gubernur Maluku Utara. Meskipun satu tahun sebelum masa jabatannya berakhir, Gani tidak lagi menjadi kader PKS pada tahun 2018. Menariknya, dalam Pilgub Maluku Utara 2019, terjadi persaingan kakak beradik antara Gani dan Muhammad Kasuba untuk memperebutkan kursi Gubernur.




×

Dalam Pilgub tersebut, Gani diusung oleh PDI-P dan PKPI, sedangkan Muhammad Kasuba, mantan Bupati Halmahera Selatan, diusung oleh PKS, Gerindra, dan PAN. Akhirnya, Gani memenangkan pertarungan tersebut dan kembali menjabat sebagai Gubernur Maluku Utara untuk periode kedua.

Baca juga: PROFIL Tampang Sandi Butar Butar Petugas Damkar yang Buat Video 'Room Tour' Peralatan Pemadaman yang Rusak, Lengkap dari Umur, Agama dan Akun Instagram

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya