Kemungkinan Perang Dunia 3 Bakal Pecah Makin Dekat, Negara Anggota NATO Kini Bersiap

Kemungkinan Perang Dunia 3 Bakal Pecah Makin Dekat, Negara Anggota NATO Kini Bersiap

Tank--

Sebagai respons terhadap serangan Rusia ke Ukraina, Polandia telah meningkatkan belanja pertahanannya hingga lebih dari 4 persen dari output ekonomi tahun ini.

Pada Mei, Polandia mengumumkan program pertahanan "Perisai Timur" senilai 10 miliar zloty atau sekitar Rp41,1 triliun, untuk memperkuat pertahanan di sepanjang perbatasannya dengan Belarusia dan Rusia. Program ini ditargetkan selesai pada 2028.

Pada akhir tahun lalu, jumlah personel angkatan bersenjata Polandia mencapai sekitar 190 ribu, termasuk pasukan darat, udara, angkatan laut, pasukan khusus, dan pasukan pertahanan teritorial.

Polandia berencana menambah jumlah pasukannya menjadi 300 ribu dalam beberapa tahun mendatang.

Namun, Jenderal Kukula mencatat bahwa tingginya minat warga untuk bergabung dengan militer saat ini menimbulkan tantangan pendanaan yang besar. Dia memprediksi minat ini mungkin tidak akan tetap tinggi hingga 2027.




×

"Tingginya minat untuk bergabung dengan militer saat ini menimbulkan dilema apakah akan menerima lebih banyak rekrutan daripada yang dianggarkan, dengan mengorbankan pengadaan peralatan militer," tambahnya.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya