Tetangga Bikin KEK Saingan KEK Batam, Pemerintah Langsung Lakukan Ini...

Tetangga Bikin KEK Saingan KEK Batam, Pemerintah Langsung Lakukan Ini...

Lahan KEK Batam--

"Kami akan meninjau kembali karena kita perlu bersaing dengan Johor Baru yang kini semakin intens dengan Singapura," lanjutnya.

Susiwijono juga mengungkapkan bahwa pemerintah sudah memiliki rencana induk pengembangan kawasan Batam. Rencana ini meliputi integrasi wilayah Batam, Bintan, dan Karimun, di mana ketiga kawasan tersebut memiliki KEK.

"Kita akan mengintegrasikan Batam, Bintan, dan Karimun. Sekarang sedang kami konsep integrasinya supaya lebih kompetitif," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah Malaysia dan Singapura hampir menyelesaikan pembangunan KEK lintas batas pertama di Asia Tenggara, yang diberi nama Special Economic Zone Johor-Singapura.

Dikutip dari detik.com, penandatanganan kerja sama ini dilakukan pada 11 Januari 2024 oleh Menteri Ekonomi Malaysia Rafizi Ramli dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong.




×

KEK ini akan mencakup pengembangan energi terbarukan, prosedur perizinan perdagangan yang lebih mudah, hingga pengaturan batas wilayah. KEK tersebut dijadwalkan mulai beroperasi pada September 2024.

Secara geografis, KEK ini akan berada dekat dengan KEK Indonesia, yaitu KEK Batam dan KEK Bintan. Pemerintah Indonesia membangun KEK Batam dan Bintan untuk menarik investasi di kawasan tersebut.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya