Siapa itu Kamelia Faisal? Direktur Pemasaran PT Bio Farma Dalang Dibalik Kerugian RS Pertamedika Sentul, Begini Biodata dan Kronologinya

Siapa itu Kamelia Faisal? Direktur Pemasaran PT Bio Farma Dalang Dibalik Kerugian RS Pertamedika Sentul, Begini Biodata dan Kronologinya

tanda tanya-geralt/pixabay-

Awal Karir dan Latar Belakang Pendidikan
Kamelia Faisal lahir di Jakarta pada 8 Juli 1969. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Trisakti pada tahun 1997 dengan gelar Sarjana Kedokteran. Tidak berhenti di situ, ia melanjutkan pendidikannya ke tingkat magister di Universitas Indonesia, mengambil program Magister Administrasi Rumah Sakit, dan lulus pada tahun 2001.

Langkah Pertama di Dunia Profesional
Karir profesional Kamelia dimulai di PT Pertamina Bina Medika pada tahun 2003, di mana ia menjabat sebagai Asisten Manajer Unit. Dalam kurun waktu yang relatif singkat, Kamelia menunjukkan kemampuan manajerial yang mumpuni dan naik jabatan menjadi Asisten Manajer Operasional pada tahun 2005. Selanjutnya, pada tahun 2006, ia diangkat menjadi Manajer Pengembangan Bisnis di perusahaan yang sama.

Tantangan di Pertamedika Sentul
Pada tahun 2013, Kamelia diangkat sebagai Direktur Operasional RS Pertamedika Sentul dan Direktur Rumah Sakit Pertamedika Sentul City. Rumah sakit ini dikenal sebagai salah satu rumah sakit berstandar internasional terbesar ketiga di Indonesia dari segi okupansi bed, dengan investasi pembangunan mencapai 400 miliar rupiah. Namun, harapan tinggi ini tidak sejalan dengan kenyataan. RS Pertamedika mengalami kerugian besar sejak tahun pertama beroperasi.

Berdasarkan laporan keuangan, pada tahun 2014 RS Pertamedika mencatat kerugian sebesar Rp 45,29 miliar, yang meningkat menjadi Rp 52,9 miliar pada tahun 2015, dan semakin memburuk pada tahun 2016 dengan kerugian mencapai Rp 58,45 miliar. Akibatnya, rumah sakit ini harus dijual ke pihak swasta pada tahun 2016, hanya tiga tahun setelah mulai beroperasi.

Kontroversi dan Kritik
Peran Kamelia Faisal sebagai Direktur Operasional menjadi sorotan. Banyak pihak menilai bahwa kegagalan operasional rumah sakit tersebut tidak lepas dari kepemimpinannya. Salah satu cuitan di media sosial oleh akun @negativisme pada 17 Juli 2024, menyebutkan bahwa Kamelia Faisal harus bertanggung jawab atas kegagalan ini karena posisinya yang vital dalam manajemen rumah sakit.




×

Baca juga: Sinopsis Series India ANTV Hasrat Cinta Hari ini 21 Juli 2024: Hak Asuh Saarans Ingin Direbut Mishka dari Preesha

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya