Siapa Yohanes Nugroho? Ahli IT yang Disebut Bisa Pulihkan Data PDN tapi Justru Diremehkan Kominfo, Natizen: Takut Ketahuan Bohong Kali?

Siapa Yohanes Nugroho? Ahli IT yang Disebut Bisa Pulihkan Data PDN tapi Justru Diremehkan Kominfo, Natizen: Takut Ketahuan Bohong Kali?

tanda tanya-filirovska/pixabay-

Nama Yohanes Nugroho pertama kali dikenal luas setelah disebutkan dalam podcast Deddy Corbuzier. Pada episode tersebut, Deddy mengundang Teguh Aprianto, pendiri Ethical Hacker dan seorang konsultan keamanan siber, sebagai bintang tamu. Dalam pembicaraan itu, Teguh mengungkapkan rasa malasnya untuk bekerja di lembaga pemerintahan karena banyaknya konflik kepentingan yang terjadi.

Teguh kemudian menceritakan tentang kasus serangan siber di PDN dan menyebutkan bahwa ada seorang praktisi handal yang bisa membongkar aplikasi dan mengembalikan data yang hilang, yaitu Yohanes Nugroho. "Kasus PDN kemarin ini, lembaga siber memanggil semua orang, termasuk perusahaan dan praktisi. Namun, lucunya, ada satu praktisi jago yang orang Indonesia tapi sekarang tinggal di Thailand, namanya Pak Yohanes Nugroho," ungkap Teguh.

Yohanes awalnya meminta sampel digital kepada Kominfo untuk mengembalikan data yang di-hack. Namun, permintaannya ditolak. "Kominfo malah membalas, kalau orang sudah bisa reverse engineer pasti tahu kok nyarinya di mana. Lah, bagaimana orang butuh sampel-nya di dalam, karena butuh file di dalam itu," tambah Teguh.

Yohanes Nugroho, yang kini tinggal di Provinsi Chiang Mai, Thailand, dikenal sebagai seorang programmer senior. Dalam laman LinkedIn-nya, Yohanes terdaftar sebagai senior programmer di Geneus DNA sejak tahun 2022. Sebelumnya, ia bekerja di LITIC Co.Ltd sebagai senior programmer dari Mei 2007 hingga Desember 2021, dan sebagai programmer di Divusi dari tahun 2003 hingga 2005. Selain karirnya yang cemerlang, Yohanes juga menempuh pendidikan S1 dan S2 di bidang Informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca juga: Sinopsis Bioskop Trans TV Wrath of Man (2021) Hari Ini 13 Juli 2024 Dibintangi Jason Statham dan Guy Ritchie: Misi Balas Dendam Yang Penuh Dengan Aksi Dan Intrik




×

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya