Cek Lengkap Bagan 16 Besar EURO 2024, Blok Nerak Diisi Spanyol, Prancis, Portugal dan Jerman

Cek Lengkap Bagan 16 Besar EURO 2024, Blok Nerak Diisi Spanyol, Prancis, Portugal dan Jerman

EURO 2024--

Laga Prancis vs Belgia di Blok Neraka Eropa

Di antara tim-tim elite Eropa yang terjebak di grup berat, laga yang paling disorot adalah Prancis vs Belgia. Pertandingan ini akan digelar di Merkur Spiel-Arena, Düsseldorf pada 1 Juli 2024 pukul 23.00 WIB.

Prancis, yang masih berambisi meraih gelar EURO, hanya berhasil finis sebagai runner-up Grup D. Les Bleus tidak terkalahkan, namun hanya mencatatkan satu kemenangan. Produktivitas gol tim asuhan Didier Deschamps cukup mengecewakan, hanya mencetak 2 gol; satu melalui bunuh diri lawan dan satu lagi melalui penalti Kylian Mbappe.

Di sisi lain, Belgia yang juga tampak kurang solid, menyelesaikan fase penyisihan sebagai runner-up Grup E. Seperti Prancis, The Red Devils hanya mencetak 2 gol, yang mengecewakan mengingat mereka memiliki barisan depan yang kuat dengan pemain seperti Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, dan Jeremy Doku.

Pemenang antara Prancis dan Belgia kemungkinan besar akan bertemu Portugal di perempat final. Selecao, yang keluar sebagai juara Grup F, akan menghadapi Slovenia di babak 16 besar di Frankfurt. Slovenia adalah lawan yang sulit bagi Portugal, mengingat mereka tidak terkalahkan dalam 3 pertandingan penyisihan grup meski semuanya berakhir imbang.

Masih di blok yang sama, ada duel antara Spanyol vs Georgia dan Jerman vs Denmark. Artinya, jika semua tim elite berhasil lolos dari babak 16 besar, perempat final akan diwarnai dengan pertandingan besar antara Spanyol vs Jerman dan Portugal vs Prancis/Belgia.




×

Blok kedua memiliki lebih sedikit tim elite dibandingkan blok pertama, tetapi tetap berpotensi menciptakan drama. Satu-satunya laga di blok kedua yang tidak melibatkan tim elite adalah pertandingan antara Austria vs Turki di Leipzig. Namun, jika salah satu dari tim kuda hitam ini melaju, mereka bisa bertemu Belanda di perempat final.

Namun, Belanda juga belum tentu lolos ke perempat final. Oranje kalah 2-3 dari Austria di pertandingan terakhir Grup D, membuat mereka harus lolos melalui jalur peringkat 3 terbaik. Di babak 16 besar, mereka akan menghadapi Rumania yang merupakan juara Grup E.

Sisa laga di blok kedua adalah Inggris vs Slovakia di Gelsenkirchen dan Swiss vs Italia di Berlin. The Three Lions dan Gli Azzurri memiliki sejarah panjang sebagai tim unggulan. Duel Inggris vs Italia semestinya terjadi di perempat final. Namun, tidak bisa dilupakan bahwa Swiss mampu membuat Jerman kesulitan di laga terakhir Grup A. Jadi, Italia tidak bisa menganggap remeh Swiss.

Jika semua tim elite Eropa berhasil lolos, perempat final EURO 2024 akan menjadi sajian kelas wahid. Selain partai Spanyol vs Jerman dan Portugal vs Prancis/Belgia di blok pertama, akan ada laga Belanda vs Austria/Turki dan Inggris vs Italia di blok kedua.

Namun, kejutan selalu mungkin terjadi, seperti yang sering terjadi di EURO sebelumnya. Yunani berhasil menjadi juara EURO 2004, begitu juga dengan Denmark pada edisi 1992.

Jangan lupakan pula bahwa ada tim seperti Italia, Swiss, dan Georgia yang datang ke putaran final EURO 2024 dengan status tim pot 4. Terutama Georgia, tim peringkat 74 FIFA yang baru saja mengalahkan Portugal 2-0 di laga terakhir Grup F. Mereka bisa menjadi ancaman serius bagi para calon juara.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya