BBM Bensin Pertalite Harganya Bakal Naik Drastis Ngak Lagi Rp 10.000 per Liter

BBM Bensin Pertalite Harganya Bakal Naik Drastis Ngak Lagi Rp 10.000 per Liter

SPBU Pertamina--

BBM Bensin Pertalite Harganya Bakal Naik Drastis Ngak Lagi Rp 10.000 per Liter

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto, mengungkapkan bahwa harga asli Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) seperti Pertalite (RON 90) kini telah mencapai Rp 13.500 per liter, bukan lagi Rp 10.000 per liter.

"Pertalite yang saat ini dijual seharga Rp 10.000 per liter, biaya produksinya sebenarnya sekitar Rp 12.400 per liter. Akhir-akhir ini harga produksi tersebut naik menjadi sekitar Rp 13.500 per liter," ujar Sugeng pada Rabu (26/6/2024).

Baca juga: BIODATA Profil Aisa Maharani Alias Shasa JKT48, Member Trainee Generasi 12 yang Dikabarkan Resign, Lengkap dari Umur, Agama, Pasangan dan Akun Instagram

Baca juga: Kabar Buruk, Pemerintah Bakal Naikkan Tarif Listrik Per Juli 2024, Berapa Kenaikannya?




×

Baca juga: Siapa Itu Bhayu Krisna Dwiputra? SOSOK Oknum ASN Kemenkumham yang Diduga Kepergok Nyabu Bareng Wanita di WC sebuah Hotel, Sudah Punya Anak-Istri?

Sugeng menambahkan, selisih harga antara harga jual dan harga asli Pertalite bisa menjadi beban bagi perusahaan jika penyaluran BBM Pertalite melebihi kuota yang telah ditentukan pemerintah, yakni 31 juta kiloliter tahun ini.

"Setiap liter Pertalite memiliki selisih sekitar Rp 3.500, jika dikalikan dengan 31 juta kiloliter, maka ini menjadi beban besar bagi perusahaan. Prognosa tahun ini menunjukkan bahwa penyaluran akan melampaui target menjadi sekitar 32 juta kiloliter," jelasnya.

Lebih lanjut, Sugeng menyatakan bahwa perhitungan harga jual BBM di dalam negeri harus mempertimbangkan tiga aspek utama: daya beli masyarakat yang berpengaruh pada inflasi, kemampuan APBN, dan kondisi perusahaan yang ditugaskan, dalam hal ini Pertamina.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya