Apa itu Supreme Being di Series Nightmare and Daydreams Katya Terbaru dari Joko Anwar? Benarkah Dewa dari Segala Dewa?

Apa itu Supreme Being di Series Nightmare and Daydreams Katya Terbaru dari Joko Anwar? Benarkah Dewa dari Segala Dewa?

Nightmare and daydream-Instagram-

Diskusi ini membuka wawasan baru tentang tema besar yang diangkat oleh Joko Anwar.

Nightmares & Daydreams bukan hanya serial hiburan; setiap episodenya menyelipkan nilai-nilai moral yang memotret berbagai masalah sosial di sekitar kita. Serial ini menghadirkan cerita dari berbagai latar waktu, dimulai dari tahun 1985 hingga 2024. Urutan episodenya pun berbeda: Episode 4 (1985), Episode 5 (1997), Episode 1 (2015), Episode 3 dan 6 (2022), serta Episode 2 dan 7 (2024).

Ciri khas penduduk Agartha digambarkan seperti sekte atau entitas setan yang memiliki tujuan menjajah penduduk Bumi. Dalam cerita ini, terdapat istilah 'Antibodi', yang merujuk kepada tokoh-tokoh yang melawan dominasi Agartha. Antibodi terdiri dari individu yang gagal direkrut oleh sekte Agartha dan memiliki kemampuan khusus, termasuk potensi melakukan perjalanan waktu untuk merekrut anggota baru.

Serial ini juga dipenuhi dengan berbagai easter eggs yang menghubungkan ceritanya dengan karya-karya sebelumnya dari Joko Anwar, seperti Pengabdi Setan dan Gundala. Berdasarkan teori yang ditemukan oleh akun @aammuhammad_, ada beberapa hal menarik yang terungkap.

Pertama, sekte yang mendirikan Herosase dalam film Pintu Terlarang (2009) diduga sebagai warga Agartha karena konsep panti jompo yang mirip dengan markas Herosase. Kedua, sekte yang muncul di Pengabdi Setan (2017 dan 2022) juga kemungkinan berasal dari Agartha. Selain itu, ornamen kostum Gundala yang diambil dari pabrik Else Blume serta logo yang sama terlihat pada lift di episode 7 Nightmares & Daydreams.




×

Baca juga: R Anak Siapa? Intip Profil Siswa SMA yang Menghamili Siswi SMP di Bekasi, Diduga Sang Ibu Menyuruh untuk Menggugurkan Kandungan, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Baca juga: Biodata Tampang R, Siswa SMA yang Menghamili Siswi SMP di Bekasi, Lengkap dari Umur, Agama, Orang Tua Hingga Akun Instagram

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya