Tulang Punggung Bandara yang Kerap Terlupakan, Inilah 10 Daftar Runway Pesawat Terpanjang di Indonesia, Bandara Frans Kaisiepo di Papua Termasuk?

Tulang Punggung Bandara yang Kerap Terlupakan, Inilah 10 Daftar Runway Pesawat Terpanjang di Indonesia, Bandara Frans Kaisiepo di Papua Termasuk?

bandara-Skitterphoto/pixabay-

10 Landasan Pacu Terpanjang di Indonesia
Berikut ini adalah daftar 10 landasan pacu terpanjang di Indonesia, yang berperan penting dalam mendukung aktivitas penerbangan di negeri ini:

Bandara Hang Nadim, Kota Batam, Kepulauan Riau (4028 meter)

Bandara Hang Nadim memegang gelar landasan pacu terpanjang di Indonesia. Dengan panjang 4028 meter, bandara ini mampu menangani pesawat berukuran besar seperti Airbus A380, Boeing 777, Boeing 747, Airbus A330, bahkan Antonov 225 untuk keperluan kargo dengan berat maksimum lepas landas.

Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara (3750 meter)

Di posisi kedua, Bandara Kualanamu di Medan memiliki landasan pacu sepanjang 3750 meter. Panjang landasan ini memungkinkan bandara untuk mendukung operasi pesawat besar dan padat, menjadikannya salah satu bandara tersibuk di Indonesia.




×

Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (3660 meter)

Sebagai bandara utama di Indonesia, Soekarno-Hatta memiliki dua landasan pacu yang mengesankan. Landasan pacu 07R/25L dengan panjang 3660 meter menempatkannya di posisi ketiga dalam daftar ini.

Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (3600 meter)

Landasan pacu kedua di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu 07L/25R, memiliki panjang 3600 meter, menempatkannya di peringkat keempat.

Bandara Frans Kaisiepo, Biak, Papua (3571 meter)

Berada di urutan kelima, Bandara Frans Kaisiepo di Biak, Papua, memiliki landasan pacu sepanjang 3571 meter. Bandara ini penting untuk mendukung penerbangan di wilayah timur Indonesia.

Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (3500 meter)

Landasan pacu sepanjang 3500 meter di Bandara Sultan Hasanuddin menempatkannya di posisi keenam. Bandara ini merupakan gerbang udara utama di wilayah Sulawesi Selatan.

Bandara Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, DI Yogyakarta (3250 meter)

Bandara Internasional Yogyakarta, yang beroperasi sejak tahun 2019, memiliki landasan pacu sepanjang 3250 meter, menjadikannya salah satu yang terpanjang di Indonesia dan mampu menangani pesawat besar.

Baca juga: Sinopsis Series India ANTV Hasrat Cinta Hari ini 20 Juni 2024: Preesha Rela Mengorbankan Nyawa Demi Menyelamatkan Mahima

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya