Contoh Teks Sambutan Panitia Qurban Idul Adha Singkat, Bermakna dan Menyentuh Kalbu

Contoh Teks Sambutan Panitia Qurban Idul Adha Singkat, Bermakna dan Menyentuh Kalbu

masjid-bouassa/pixabay-

Contoh Teks Sambutan Panitia Qurban Idul Adha Singkat, Bermakna dan Menyentuh Kalbu

Sambutan ketua penyelenggara merupakan salah satu bagian penting dalam rangkaian acara Kurban Idul Adha.

Dalam sambutan ini, ketua dapat menyampaikan berbagai informasi terkait pelaksanaan Kurban Idul Adha 2024, termasuk nama-nama sahibul kurban hingga jumlah hewan yang akan disembelih pada tahun ini.

Menurut keputusan Kementerian Agama, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama (NU), Hari Raya Idul Adha 2024 akan jatuh pada Senin, 17 Juni 2024 (10 Zulhijah 1445 H).

Pada hari yang mulia ini, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan berbagai ibadah, salah satunya menyembelih hewan kurban bagi yang mampu. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadis dari Aisyah Ra, Rasulullah Saw. bersabda tentang amalan terbaik pada Hari Idul Adha sebagai berikut:




×

"Aisyah menuturkan dari Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, 'Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam [manusia] pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya,'" (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117).

Terkait pelaksanaan kurban, banyak masjid dan masyarakat sering membentuk panitia penyelenggara.

Panitia ini bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan semua kebutuhan terkait sehingga proses ibadah penyembelihan kurban dapat berjalan dengan lancar.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya