Kapan Jadwal Opening Ceremony EURO 2024, Bakal Disiarkan Live di Mana?

Kapan Jadwal Opening Ceremony EURO 2024, Bakal Disiarkan Live di Mana?

EURO 2024--

Jadwal Pembukaan EURO 2024 Siaran Langsung di RCTI

Upacara pembukaan EURO 2024 akan dilaksanakan di Fussball Arena, Munchen, pada Sabtu, 15 Juni 2024 dini hari. Ini adalah kali kedua stadion yang menjadi markas Bayern Munchen tersebut dipilih sebagai lokasi pembukaan turnamen besar.

Fussball Arena, yang memiliki kapasitas sekitar 66.000 penonton, pertama kali diresmikan pada tahun 2005. Stadion yang juga dikenal sebagai Allianz Arena ini sebelumnya menjadi tempat pembukaan Piala Dunia 2006 dalam pertandingan antara Jerman dan Kosta Rika, di mana tuan rumah menang dengan skor 4-2.

Sebagai stadion yang relatif baru, Fussball Arena tidak terlibat sebagai venue di EURO 1988 ketika Jerman pertama kali menjadi tuan rumah. Namun, ini bukan kali pertama Fussball Arena digunakan sebagai venue Piala Eropa. Pada tahun 2021, stadion ini menjadi tuan rumah untuk empat pertandingan EURO 2020, termasuk tiga pertandingan yang melibatkan tim Jerman. Edisi EURO 2020 tersebut memang tidak memiliki tuan rumah tunggal, melainkan digelar di 11 kota dan 11 negara yang berbeda.

Menjelang pembukaan EURO 2024, UEFA selaku badan sepak bola Eropa merencanakan sejumlah acara khusus, termasuk pesta kembang api sebelum pertandingan Jerman melawan Skotlandia. Namun, rencana ini masih berpotensi mengalami perubahan karena otoritas daerah setempat menentang penggunaan kembang api hingga sepekan sebelum turnamen dimulai.

Jumlah kembang api yang direncanakan UEFA menjadi pertimbangan utama, yaitu sekitar 60 feuerwerkskörper (kembang api) di sekitar lapangan, 10 rauchtopfe (pot asap) di dua titik di stadion, dan 60 pyro tambahan. Pertimbangan ini terkait faktor keamanan dan kenyamanan penonton, serta risiko yang mungkin timbul setelah acara pembukaan.




×

"Pihak berwenang mengumumkan pada hari Jumat (7 Juni 2024) bahwa mereka telah mengimbau penyelenggara, EURO 2024 GmbH, untuk tidak menggunakan kembang api pada upacara pembukaan setelah rencana tersebut diketahui pada Januari 2024," tulis media Sportschau pada Sabtu (8/6/2024).

"Persetujuan akhir masih menunggu keputusan; hal ini hanya dapat dilakukan setelah pengujian," tambah media tersebut.

UEFA menegaskan bahwa pesta kembang api pada upacara pembukaan nanti sudah sesuai dengan prosedur standar keamanan dan kenyamanan. Badan sepak bola Eropa ini juga memastikan bahwa pihak penyelenggara dapat dipercaya dalam pelaksanaan upacara pembukaan.

"Hal ini dilakukan dengan keterlibatan produsen dan perusahaan profesional sesuai dengan peraturan kesehatan dan keselamatan negara tuan rumah," demikian pernyataan UEFA yang dilansir dari Sportschau.

Kembang api sebenarnya bukan hal baru di sepak bola Jerman. Kelompok pendukung sepak bola Jerman sendiri masih sering melakukan perayaan dengan pertunjukan pyro, termasuk penggunaan flare yang menimbulkan asap. Misalnya, perayaan juara oleh pendukung Bayer Leverkusen di kompetisi Bundesliga 2023-2024 dan aksi flare oleh pendukung Borussia Dortmund di final Liga Champions 2024 di Stadion Wembley, London. Namun, menurut Sportschau, aksi-aksi tersebut sebenarnya sudah dilarang di Jerman.

"Di Jerman, kembang api umumnya dilarang di stadion tanpa izin yang sesuai dan membakarnya merupakan pelanggaran administratif berdasarkan Undang-Undang Bahan Peledak. Denda dapat dikenakan untuk hal ini, dan denda asosiasi sering kali dibebankan kepada pelakunya, dengan larangan masuk stadion sebagai konsekuensi lain yang mungkin terjadi," tulis Sportschau.

Live Streaming Opening Ceremony EURO 2024

Link Live Streaming Opening Ceremony EURO 2024 di Vision+

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya