Diresmikan 10 Juni, Wacana Pemekaran 12 Kabupaten Baru di Papua Ini Akhirnya Pecah Telor: Kabupaten Numfor Masuk dengan Sebidang Tanah Seluas 384 km²

Diresmikan 10 Juni, Wacana Pemekaran 12 Kabupaten Baru di Papua Ini Akhirnya Pecah Telor: Kabupaten Numfor Masuk dengan Sebidang Tanah Seluas 384 km²

papua-Freesally/pixabay-

1. Kabupaten Numfor
Kabupaten Numfor direncanakan akan dimekarkan dari Kabupaten Biak Numfor. Kabupaten ini akan terdiri dari lima distrik dengan ibukotanya di Numfor. Luas wilayahnya sekitar 384 km² dengan jumlah penduduk sekitar 10.000 jiwa.

Baca juga: BACA TERBARU Mercenary Enrollment 193 Bahasa Indonesia RAW ENG - Komik Mercenary Enrollment Full Episode Terbaru

2. Kabupaten Biak Napa Swandine
Kabupaten ini akan dimekarkan dari Kabupaten Biak, dan akan terdiri dari beberapa distrik. Ibukotanya belum ditentukan, namun wilayah ini memiliki luas sekitar 12.280 km² dengan jumlah penduduk sekitar 30.000 jiwa.

3. Kabupaten Biak Timur Padaido
Rencananya, Kabupaten Biak Timur Padaido akan dimekarkan dari Kabupaten Biak Numfor. Kabupaten ini masih terdiri dari empat distrik, dengan ibukotanya yang juga masih dalam penentuan. Luas wilayahnya sekitar 389 km² dengan jumlah penduduk sekitar 19.000 jiwa.

4. Kabupaten Yapen Barat Utara
Calon Kabupaten Yapen Barat Utara akan dimekarkan dari Kabupaten Kepulauan Yapen dan terdiri dari lima distrik. Ibukotanya direncanakan berada di Ansus. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 703 km² dengan jumlah penduduk sekitar 37.000 jiwa.




×

5. Kabupaten Yapen Timur
Kabupaten Yapen Timur akan dimekarkan dari Kabupaten Kepulauan Yapen dan terdiri dari satu distrik. Ibukotanya direncanakan berada di Wadawi. Wilayah ini memiliki luas sekitar 920 km² dengan jumlah penduduk sekitar 18.000 jiwa.

6. Kabupaten Ghondumi Sisare
Kabupaten ini akan dimekarkan dari Kabupaten Waropen dan akan terdiri dari lima distrik dengan ibukotanya di Masirei. Luas wilayahnya sekitar 2.128 km² dengan jumlah penduduk sekitar 12.000 jiwa.

7. Kabupaten Teluk Ronari
Kabupaten Teluk Ronari akan dimekarkan dari Kabupaten Mamberamo Raya. Kabupaten ini terdiri dari tiga distrik, dengan ibukotanya direncanakan berada di Barapasi. Luas wilayahnya sekitar 8.754 km² dengan jumlah penduduk sekitar 12.000 jiwa.

8. Kabupaten Lembah Roufaer
Rencananya, Kabupaten Lembah Roufaer akan dimekarkan dari Kabupaten Puncak, Kabupaten Waropen, dan Kabupaten Mamberamo Raya. Kabupaten ini terdiri dari sembilan distrik dengan ibukotanya di Dervos. Luas wilayahnya sekitar 15.321 km² dengan jumlah penduduk sekitar 16.000 jiwa.

9. Kabupaten Sarmi Timur
Calon Kabupaten Sarmi Timur akan dimekarkan dari Kabupaten Sarmi. Kabupaten ini akan terdiri dari empat distrik dengan ibukotanya di Kiren. Luas wilayahnya sekitar 5.497 km² dengan jumlah penduduk sekitar 12.000 jiwa.

Baca juga: BACA TERBARU Mercenary Enrollment 193 Bahasa Indonesia RAW ENG - Komik Mercenary Enrollment Full Episode Terbaru

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya