Sosok Achmad Melan yang Dikenal dengan Mbah Guru Ngajar Matematika Viral di TikTok, Dijuluki Natizen Pahlawan FYP

Sosok Achmad Melan yang Dikenal dengan Mbah Guru Ngajar Matematika Viral di TikTok, Dijuluki Natizen Pahlawan FYP

Mbah-Instagram-

Kini, ia menyulap ruang tamu rumahnya menjadi kelas virtual, lengkap dengan tiga papan tulis putih yang menempel di dinding. Dengan akun TikTok bernama "Mbah Guru Matematika," Mbah Melan secara rutin mengajar secara live setiap hari.

Dalam satu hari, Mbah Guru mengajar dua sesi, yaitu pada pukul 16.00-17.30 WIB dan 19.30-21.00 WIB. Setiap sesi mencakup materi pelajaran untuk berbagai jenjang, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga persiapan UTBK SNBT (Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Mencapai Ribuan Pengikut
Keputusan untuk mengajar melalui TikTok bukanlah hal yang mudah bagi Mbah Melan. Awalnya, ia berencana membuka tempat bimbingan belajar, tetapi rencana tersebut tidak terwujud. Kemudian, atas dorongan dari anak bungsunya, ia mencoba untuk mengajar secara live di TikTok. Ternyata, langkah ini membawa hasil yang luar biasa. Dari yang awalnya hanya beberapa akun yang menonton, kini ribuan penonton dari berbagai kalangan mengikuti setiap sesi live-nya.

"Awal-awal yang nonton cuma beberapa aja sedikit, tapi lama-lama banyak, sekarang bisa ribuan. Yang ikut live semua kalangan, dari anak SD, SMP, SMA, guru-guru muda, emak-emak juga, bahkan dosen. Ya dari Jawa, luar Jawa, seluruh Indonesia, luar negeri juga ada," ujar Mbah Guru dengan antusias.

Pengalaman dan Semangat yang Menular
Berinteraksi dengan berbagai macam orang dari seluruh penjuru dunia membuat Mbah Guru semakin bersemangat dalam mengajar. Ia merasa hobinya dalam mengajar matematika menjadi lebih berarti karena dapat ikut mencerdaskan anak bangsa. Tidak hanya itu, dukungan dari keluarga, terutama anak bungsunya, sangat berperan dalam kesuksesan ini.




×

"Memang saya cinta matematika, hobi saya matematika dan ingin mencerdaskan anak-anak bangsa dengan matematika," tambahnya dengan penuh semangat.

Baca juga: Profil dan Biodata 4 Siswi SMPN 216 Jakarta yang Diduga Ejek Palestina Hingga Makan di Restoran Pro Israel, Bukan Anak Orang Sembarangan?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya