Benarkah 4 Provinsi di NTT Akan Pecah? Inilah Penjelasan Lengkap Rencana Pemekaran di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Benarkah 4 Provinsi di NTT Akan Pecah? Inilah Penjelasan Lengkap Rencana Pemekaran di Provinsi Nusa Tenggara Timur

desa-MonicaVolpin/pixabay-

Pemekaran Wilayah: Langkah Menuju Pembangunan Merata

Kabar terbaru mengungkapkan bahwa nama Nusa Tenggara Timur mungkin tidak akan terdengar lagi dalam waktu dekat.

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan pemekaran provinsi di wilayah NTT, dengan rencana membentuk empat provinsi baru.

Pemekaran ini diharapkan dapat mendorong pembangunan dan kemajuan yang lebih merata di setiap kabupaten.

Empat Provinsi Baru Pengganti NTT




×

Melalui pertimbangan dan kajian yang matang, pemekaran wilayah ini diharapkan dapat membantu pembangunan dan kemajuan yang lebih merata.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber dan dilansir dari YouTube NTT Shorts pada Rabu, 5 Juni 2024, berikut adalah empat provinsi baru yang akan menggantikan NTT:

1. Provinsi Sumba Sabu Raijua
Provinsi Sumba Sabu Raijua akan beribu kota di Waingapu, Sumba Timur. Wilayah ini akan mencakup Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sabu Raijua. Selain itu, provinsi ini akan memiliki tiga kabupaten baru yaitu Kabupaten Sumba Selatan, Kabupaten Sumba Timur Jaya, dan Kabupaten Pohu Ngalodu yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Sumba Timur. Jumlah penduduk di provinsi ini mencapai sekitar 924.950 jiwa pada Juni 2023.

2. Provinsi Timor Barat
Provinsi Timor Barat akan mencakup Kabupaten Malaka, Kabupaten Belu, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dengan ibu kota di Atambua, provinsi ini akan memiliki satu kabupaten baru, yaitu Kabupaten Amanatun, untuk memenuhi syarat minimal lima kabupaten sebagai sebuah provinsi.

Baca juga: Innalillahi Mufti Priyanka Atau Amenkcoy Seniman Satir dan Puitis Meninggal Dunia, Pihak Keluarga Masih Bungkam Penyebab Sakitnya

TAG: #ntt #ntt #ntt
Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya