Profil Shaun Evans, Wasit yang Bakal Pimpin Laga Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Profil Shaun Evans, Wasit yang Bakal Pimpin Laga Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shaun Evans - Wasit Asal Australia--

Profil Shaun Evans

Shaun Evans Robert, lahir pada 21 Oktober 1987 di Victoria, Australia, adalah seorang wasit berpengalaman yang telah menorehkan banyak prestasi dalam dunia sepak bola.

Kariernya di dunia wasit dimulai sebagai asisten wasit di A-League atau Liga Australia pada tahun 2008. Empat tahun kemudian, pada tahun 2012, ia dipromosikan menjadi wasit utama.

Pada musim 2018/2019, Shaun Evans dinobatkan sebagai wasit terbaik A-League. Pencapaian ini mengukuhkan reputasinya sebagai wasit yang tegas dan kompeten di tingkat nasional.

Pada tahun 2016, ia diangkat sebagai wasit penuh oleh Football Australia dan setahun kemudian, ia terdaftar sebagai Wasit Internasional FIFA.

Selain di Liga Australia, Shaun Evans juga pernah bertugas di Liga Super China pada tahun 2013. Menariknya, Liga 1 Indonesia juga pernah merasakan ketegasan Shaun Evans sebagai wasit.




×

Selama memimpin tiga pertandingan di Liga 1 pada musim 2016/17, ia mengeluarkan 15 kartu kuning dan memberikan dua hadiah penalti.

Pertandingan tersebut adalah antara Persib Bandung melawan PS TNI, Sriwijaya FC melawan Semen Padang, dan Bali United melawan Madura United.

Pada tahun berikutnya, Shaun Evans dipercaya memimpin pertandingan di AFC Cup dan Asian Games, serta terlibat dalam Piala Dunia 2022 sebagai wasit Video Assistant Referee (VAR).

Pada tahun 2023, Shaun Evans ditugaskan untuk memimpin serangkaian pertandingan di Piala Asia, mulai dari kategori senior hingga kelompok umur U23.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya