Habis Terang Terbitlah Gelap, Setelah Melejit Kini Harga Emas Dunia Merosot Hari Ini

Habis Terang Terbitlah Gelap, Setelah Melejit Kini Harga Emas Dunia Merosot Hari Ini

Emas Antam--

Prediksi Suku Bunga

Harga emas turun lebih dari 1% pada hari Selasa akibat stabilnya dolar menjelang laporan pekerjaan AS bulan Mei, yang akan dirilis akhir pekan ini dan dapat mempengaruhi strategi suku bunga Federal Reserve.

Menurut CNBC pada Rabu (5/6/2024), harga emas di pasar spot turun 0,9% menjadi USD 2.329,10 per ounce. Sementara itu, harga emas AS ditutup turun 0,9% ke level USD 2.347,4 per ounce.

Harga emas membalikkan keuntungan dari kenaikan sebelumnya setelah data manufaktur AS yang lebih lemah. Penurunan ini terjadi meskipun terdapat kelemahan pada saham AS.

Kurs dolar stabil, membuat harga emas lebih mahal bagi pembeli luar negeri, setelah sebelumnya turun ke level terendah sejak pertengahan April.

Investor kini menunggu data non-farm payrolls AS pada hari Jumat untuk mendapatkan kejelasan mengenai kebijakan bank sentral AS sepanjang tahun ini. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.




×

"Harga emas kemungkinan akan bergerak mendatar atau sedikit lebih rendah dalam beberapa minggu mendatang, kecuali ada peristiwa geopolitik tak terduga yang mendorong permintaan safe-haven," kata Analis Senior Kitco Metals, Jim Wyckoff.

Hasil Pemilu India

Selain itu, investor juga memantau hasil pemilu di India, negara pembeli emas terbesar kedua di dunia.

"Jika saham di India terus jatuh, akan ada sebagian dana yang masuk ke emas juga," ujar Soni Kumari, Ahli Strategi Komoditas ANZ.

Penurunan pada komoditas, yang dipimpin oleh minyak, mungkin juga berkontribusi pada sentimen bearish pada logam mulia, menurut para analis.

Selain harga emas, harga perak turun 3,8% menjadi USD 29,59 per ounce, harga platinum turun 1,6% menjadi USD 995,50 per ounce, dan harga paladium turun 0,1% menjadi USD 916,50 per ounce.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya