Siapa Pemilik PT Indo Asiana Lestari? Perusahaan Pembangunan Perkebunan Sawit di Papua yang jadi Alasan Tagar All Eyes on Papua

Siapa Pemilik PT Indo Asiana Lestari? Perusahaan Pembangunan Perkebunan Sawit di Papua yang jadi Alasan Tagar All Eyes on Papua

papua-Freesally/pixabay-

Aksi ini memicu rasa ingin tahu publik tentang informasi mengenai PT IAL, termasuk siapa pemiliknya.
Berdasarkan surat persetujuan teknis emisi udara dari Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, PT IAL merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha pembangunan kawasan perkebunan.

Target kegiatan mereka adalah untuk membangun pabrik pengolahan kelapa sawit di beberapa daerah yang dituju, salah satunya di Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua.

Meski belum diketahui secara pasti siapa pemilik perusahaan yang sedang diprotes oleh masyarakat adat ini, dilansir dari beberapa sumber, pemilik saham dominan PT IAL adalah Mandala Resource SDN. Bhd yang berkedudukan di Kota Kinabalu, Sabah.

Sementara sekitar 20 persen sisanya dimiliki oleh PT. Rimbunan Hijau Plantations Indonesia.
Sebelum pengoperasian lahan, Muhamad Yakub Abbas selaku Komisaris dan Pelaksana Lapangan PT IAL telah mengantongi izin dari Pemerintah Provinsi Papua.

Hal ini dikarenakan hutan milik masyarakat Awyu sebelumnya sudah dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia melalui Proyek Tanah Merah.




×

Namun, keberadaan perusahaan sawit dikhawatirkan akan merusak hutan yang menjadi sumber penghidupan, pangan, air, obat-obatan, dan memicu krisis iklim akibat polusi udara.

Baca juga: Siapa Ayah Calvin Verdonk? Intip Biodata Calon Pemain Timnas Indonesia yang Punya Darah Aceh, Kini Berjuang Cari Sang Ayah yang Hilang Kabar Terkena Tsunami 2004

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya