Jadwal Puasa Juni 2024: Tarwiyah, Arafah sebelum Idul Adha: Raih Pahala Berlimpah di Bulan Haram - Kalender Puasa 2024

Jadwal Puasa Juni 2024: Tarwiyah, Arafah sebelum Idul Adha: Raih Pahala Berlimpah di Bulan Haram - Kalender Puasa 2024

Masjid--

Dilansir dari NU Online, anjuran untuk mengerjakan Puasa Tarwiyah bisa diketahui dari dalil umum sejumlah hadits. Salah satunya adalah hadits yang menganjurkan untuk mengisi 10 hari pertama bulan Zulhijah dengan amalan saleh, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

Sementara itu, Puasa Arafah adalah puasa yang dikerjakan pada 9 Zulhijah. Mengacu pada laman MUI, hukum Puasa Arafah adalah sunnah bagi muslim yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.

Bagi yang tidak menunaikan ibadah haji, maka Puasa Arafah hukumnya adalah makruf. Keutamaan Puasa Arafah berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah, menyebutkan bahwa puasa pada hari Arafah dapat menghapuskan dosa selama dua tahun.

Selain kedua jenis puasa di atas, umat muslim juga bisa mengerjakan puasa sunnah lain sebelum Idul Adha 2024, yaitu puasa Senin-Kamis. Keutamaan puasa Senin dan Kamis dinyatakan dalam hadits riwayat Muslim, yang menyebutkan bahwa pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis.

Di samping itu, masih ada pula Puasa Ayyamul Bidh di bulan Juni 2024. Pengerjaan puasa sunnah itu dilakukan 3 hari berturut-turut pada pertengahan bulan dalam kalender hijriah.




×

Untuk bulan Juni 2024, puasa Ayyamul Bidh dapat dilakukan pada tanggal 21 dan 22 atau bertepatan dengan 14 dan 15 Zulhijah 1445 H. Tidak ada puasa pada tanggal 13 Zulhijah karena tanggal tersebut masih terhitung hari tasyrik.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya