Budi Daya Maggot, Ide Usaha Modal Minim Untung Melimpah, Cara Cerdas Maksimalkan Keuntungan!

Budi Daya Maggot, Ide Usaha Modal Minim Untung Melimpah, Cara Cerdas Maksimalkan Keuntungan!

+

Tidak diperlukan biaya tambahan untuk makanan maggot karena mereka bisa diberi sisa-sisa nasi, buah-buahan, atau sayuran yang tersisa di rumah. Hampir semua sampah rumah tangga, terutama sampah organik, bisa dijadikan sebagai makanan maggot tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Namun, untuk mengembangkan usaha dalam skala besar dengan menambah lahan dan membuat ruangan permanen yang tahan hujan, tentu memerlukan modal yang besar. Meskipun begitu, modal yang dikeluarkan relatif minim dibandingkan dengan potensi keuntungan yang bisa didapat.

Pangsa pasar maggot masih cukup besar, terutama dengan menyasar peternak lele, ayam, burung puyuh, dan lain sebagainya. Maggot bisa menjadi alternatif pakan yang efektif untuk mempercepat pertumbuhan hewan ternak.

Baca juga: Biodata Tampang Asher Novkov-Bloom Kekasih Stephanie Poetri Anak Diva Pop Indonesia Titi DJ, Lengkap: Umur, Agama dan Akun Instagram

Baca juga: Mahalini Raharja Agamanya Apa? Menikah 3 Hari Lagi dengan Rizky Febian, Warganet Debat Siapa yang Loinn dan Logout, Dimana Lokasinya?




×

Baca juga: Jam Tayang dan Sinopsis Di Antara Dua Cinta Hari ini 4 Mei 2024: Wulan Pergi Dari Rumah Usai Melihat Romy Menikah dengan Dania

Tidak hanya sebagai pakan hidup, maggot juga bisa diolah menjadi pelet sebagai pakan ikan hias. Inilah yang sedang direncanakan oleh para peternak maggot.

"Peluang bisnis masih terbuka lebar," kata Rahman, seorang peternak maggot.

Dia menjelaskan bahwa rata-rata satu pemilik tambak ikan memesan hingga 100 kilogram maggot hidup sebagai pengganti pelet. Karena itu, kadang-kadang peternak maggot kesulitan untuk memenuhi permintaan tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan lebih banyak peternak maggot pemula.

Jika terjadi kesulitan dalam menjual maggot, masih bisa diatasi dengan menjadikannya sebagai pakan lele, ayam, atau hewan ternak lainnya. Itulah sebabnya, banyak peternak maggot yang juga membuka tambak atau kolam lele, usaha ternak ayam, burung puyuh, dan lain sebagainya. Hasil panen dari usaha-usaha tersebut kemudian bisa dipasarkan kepada masyarakat atau ke pasar tradisional.

lanjutan,

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya