Kontroversi Kronologi Perseteruan HYBE dengan CEO ADOR Min Hee Jin, Makin Memanas hingga Tudingan Plagiat

Kontroversi Kronologi Perseteruan HYBE dengan CEO ADOR Min Hee Jin, Makin Memanas hingga Tudingan Plagiat

Setelah serangkaian kontroversi ini, Min Hee Jin membuat pernyataan publik pertamanya. Dalam pernyataannya, ia menyebut salah satu alasan di balik konflik ini adalah dugaan penjiplakan konsep girl grup baru milik HYBE, BELIEF LAB yang bernama ILLIT, terhadap konsep yang telah ada sebelumnya, yaitu NewJeans.

Min Hee Jin kemudian merilis pernyataan tambahan yang mengekspresikan kemarahannya dan kekecewaannya kepada HYBE dan BeLift Lab. Ia menyalahkan CEO HYBE, Bang Si Hyuk, atas kasus penjiplakan tersebut.

Sementara BeLift Lab, label di bawah naungan HYBE, mengumumkan debut ILLIT pada bulan Maret 2024, sebuah girl group dengan lima anggota. Reaksi di media sosial meledak setelah foto teaser ILLIT dirilis, dengan banyak yang menyangka bahwa mereka adalah NewJeans. Penampilan, gaya rambut, tata rias, busana, koreografi, serta aktivitas lainnya dari ILLIT sebagai selebriti dianggap meniru NewJeans. Hal ini menimbulkan komentar negatif, menyebut ILLIT sebagai "gayamu Min Hee Jin", "tipe Min Hee Jin", dan "gaya NewJeans". Min Hee Jin menyatakan bahwa hal ini sangat memalukan bagi mereka.

Bang Si Hyuk dari HYBE juga terlibat dalam produksi album debut ILLIT. Tindakan penjiplakan yang dilakukan oleh ILLIT tidak hanya mencerminkan kebijakan BeLift Lab sebagai label, tetapi juga menjadi perhatian HYBE. Sebagai perusahaan terkemuka di industri K-Pop, HYBE dianggap telah tergoda oleh keuntungan semata, dan meniru konten budaya yang sukses tanpa ragu-ragu, daripada berinovasi.

 




×

 

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya