Saldi Isra Mendukung Siapa? Anies Baswedan Atau Ganjar Pranowo? Berikut Profil Hakim Konstitusi yang Dissenting Opinion Putusan Sengketa Pilpres 2024, Rugikan 02?

Saldi Isra Mendukung Siapa? Anies Baswedan Atau Ganjar Pranowo? Berikut Profil Hakim Konstitusi yang Dissenting Opinion Putusan Sengketa Pilpres 2024, Rugikan 02?

Dissenting Opinion dalam Putusan MK: Sorotan ke Saldi Isra

Dalam sidang putusan sengketa Pilpres 2024 yang berlangsung di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, pada Senin (22/4/2024), Saldi Isra menjadi salah satu hakim yang berbeda pendapat.

Perbedaan ini berkaitan dengan sengketa yang diajukan oleh dua kubu: Anies Baswedan-Cak Imin dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hotman Paris, sebagai pengamat hukum yang dikenal luas, mengungkapkan bahwa dirinya sudah memperkirakan adanya dissenting opinion dari Saldi Isra.

"Saya dari awal sudah mengatakan pasti nanti ini akan dissenting, yaitu Prof. Enny Nurbaningsih dan Saldi Isra.




×

Dari awal persidangan saya sudah mengatakan pasti dissenting," kata Hotman di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

Baca juga: Akun IG Rizki Natakusumah Calon Suami Beby Tsabina Anggota DPR RI! Cek Riwayat Pekerjaan, Orang Tua, Usia hingga Kehidupan Pribadinya, Anak Siapa?

Saldi Isra: Dari Fisika ke Hukum

Profil Saldi Isra menunjukkan perjalanan karier yang menarik.

Awalnya, Saldi memilih jurusan fisika saat di SMA, namun akhirnya ia diterima di Fakultas Hukum Universitas Andalas, Sumatera Barat.

Meski pindah jalur, Saldi lulus dengan predikat Summa Cumlaude pada tahun 1995, dengan IPK 3,86. Prestasi ini menjadi tanda awal perjalanan akademiknya yang cemerlang.

Karier akademik Saldi terus berlanjut. Sejak Oktober 1995, Saldi menjadi dosen di Universitas Bung Hatta sebelum akhirnya kembali ke Universitas Andalas, di mana ia mengabdi selama 22 tahun.

Di tengah kesibukannya, Saldi melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana dan meraih gelar Master of Public Administration di Universitas Malaya, Malaysia, pada tahun 2001.

Kecemerlangan akademiknya semakin terlihat saat ia menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada tahun 2009, juga dengan predikat Cumlaude.
Setahun kemudian, Saldi dikukuhkan sebagai Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Andalas.

Baca juga: Siapa Tunangan Beby Tsabina Anak Bupati Pandeglang? Berikut Nama Lengkap, Pekerjaan, Usia hingga Kepribadiannya, Idaman Menantu Ibu-ibu?

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya