Penyebab Selat Muria Menghilang dan Berubah Jadi Dataran, Benarkah Akan Terancam Kembali?

Penyebab Selat Muria Menghilang dan Berubah Jadi Dataran, Benarkah Akan Terancam Kembali?

VIV.co.id -Penyebab Selat Muria Menghilang dan Berubah Jadi Dataran, Benarkah Akan Terancam Kembali?

Selat Muria, yang dahulu memisahkan daratan Jawa dengan Gunung Muria yang megah, merupakan perairan yang kini telah berubah menjadi daratan yang luas.

Pada masa lampau, Gunung Muria adalah sebuah pulau yang terletak di sepanjang pantai utara Jawa Tengah, menjulang sebagai gunung bertipe stratovolcano yang kokoh.

Pada abad ke-17, perubahan besar terjadi ketika endapan fluvio-marin, berasal dari sungai-sungai seperti Kali Serang, Sungai Tuntang, dan Sungai Lusi yang bermuara ke Selat Muria, mulai mengisi perairannya.

Baca juga: Romansa Dimulai! Nonton C-Drama Secrets of the Shadow Sect (2024) Episode 19 - 20 Sub Indonesia, Penuhi Tantangan Kisah Cinta Mereka!




×

Baca juga: Siapa Pacar Baru Satria Mahathir yang Diduga Masih Bocil Kelas 7 SMP? Cek Profil Cybila Akun IG, Viral di Tiktok

Baca juga: Akun IG Cybila Maharani Diduga Pacar Baru Satria Mahathir yang Masih SMP Kelas 7? Cek Profil dan Usianya di Sini

Akibatnya, pulau yang terpisah ini perlahan-lahan menyatu dengan daratan utama Jawa, membentuk wilayah Kabupaten Kudus, Grobogan, Pati, dan Rembang yang kaya akan sejarah.

Selat Muria, semasa masih eksis, menjadi jalur vital bagi transportasi dan perdagangan, menghubungkan masyarakat Jawa Kuna dengan pulau-pulau sekitarnya.

lanjutan,

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya