Siapa Bilang Mengatasi Cegukan Harus Minum Air, Simak 14 Tips Cara Mengatasi Cegukan Ketika Sedang Berpuasa, Dijamin Ampuh

Siapa Bilang Mengatasi Cegukan Harus Minum Air, Simak 14 Tips Cara Mengatasi Cegukan Ketika Sedang Berpuasa, Dijamin Ampuh

  1. Mmeijat area leher

Denyut nadi arteri karotis bisa dirasakan di leher, terutama saat cegukan.

Pijatan lembut pada arteri karotis bisa membantu menghilangkan cegukan saat puasa.

Tapi perlu dilakukan dengan hati-hati, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit sumbatan jantung. Jika terjadi pusing tiba-tiba, hentikan pijatan segera.

 

  1. Mengatur suasana hati

Stres atau kecemasan dapat memicu cegukan, namun mengalihkan perhatian pada hal-hal menenangkan seperti musik atau pemandangan dapat membantu.




×

 

  1. Menutup telinga

Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan menutup telingan dengan menggunakan jari.

Metode ini dipercaya dapat menurunkan sinyal relaksasi melalui saraf vagus yang terhubung ke diafragma, membantu menghentikan cegukan. Lakukan selama 20–30 detik hingga cegukan mereda.

Baca juga: Jadwal SCTV Hari ini Selasa 19 Maret 2024 Ada Sinetron Bidadari Surgamu yang Tempati Posisi Pertama Rating Hingga Ijabah Cinta Lengkap dengan Link

  1. Memperbaiki posisi tubuh

Untuk menghilangkan cegukan, atur posisi tubuh sedemikian rupa.

Caranya berbaring di atas kasur dan letakkan kaki tegak di dinding, sambil memastikan posisi kepala tidak lebih tinggi daripada kaki.

 

  1. Julurkan lidah

Caranya adalah dengan menjulurkan lidah ke luar. Teknik ini dapat mengurangi tegangan pada diafragma dan merangsang saraf vagus, yang berperan penting dalam mengatur fungsi tubuh.

Iritasi pada saraf ini dapat menyebabkan cegukan dan trik ini juga mencegah muntah.

 

  1. Tekan area mata

Kita dapat merangsang saraf vagus dengan cara menekan area sekitar mata dengan lembut.

Teknik ini sangat mudah dilakukan cukup tutup mata seperti biasa dan tekan area di sekitarnya dengan lembut menggunakan jari.

 

  1. Meditasi

Stres dapat memicu cegukan, bermeditasi efektif meredakannya. Salah satu metode yang terbukti efektif untuk meredakan stres adalah dengan bermeditasi.

Jika Anda sudah terbiasa dengan teknik meditasi untuk relaksasi, disarankan untuk tetap melanjutkan praktik yang baik ini. ***

 

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya